Selasa, 24 Mei 2022

Asesmen Pejabat Pemprov Jambi Tingkatkan Kinerja Pemerintahan

Senin, 22 November 2021 | 06:58:42 WIB


Sekda Provinsi Jambi Sudirman
Sekda Provinsi Jambi Sudirman / dokumentasi - Metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi melakukan asesmen terhadap pejabat eselon II di daerah itu guna meningkatkan kinerja pemerintahan di daerah itu.

“Uji kompetensi atau asesmen pejabat eselona II sudah dilaksanakan, uji kompetensi ini bertujuan untuk mencocokkan jabatan dengan yang menjabat, agar sesuai dengan keahlian dan bidang yang dikuasai oleh pejabat itu sendiri,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman, Minggu (21/11).

Dengan pelaksanaan uji kompetensi tersebut mempermudah kepala daerah menentukan pejabat-pejabat yang akan mengisi jabatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan kemampuannya. Sehingga kinerja pemerintahan akan lebih efektif dan tujuan dari OPD tersebut lebih mudah di realisasikan karena sesuai dengan kemampuan pimpinannya.

Sudirman menjelaskan hasil dari tim asesor, terkait dengan nilai kepala dinas  atau OPD yang mengikuti uji kompetensi tersebut telah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri RI.

Dimana asesor yang melakukan uji kompetensi tersebut  berasal dari Jakarta dan dari daerah lainnya. Nilai yang diberikan asesor tersebut akan dijadikan bahan untuk memindahkan atau merotasi jabatan.

Terdapat 52 orang pejabat tinggi atau pejabat eselon di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi yang mengikuti penilaian kompetensi tersebut.

Dalam waktu dekat, Pemprov Jambi akan melakukan rotasi jabatan pada kepala dinas di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jambi. Pasalnya, Kemendagri telah memberikan izin untuk proses pelantikan pejabat eselon II atau setara dengan kepala dinas.

“Hasil job fit sudah selesai, dan disetujui oleh Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN) dan diajukan ke Kemendagri, alhamdulillah sudah dapat izin melantik,” kata Sudirman.

Lanjutnya, untuk saat ini masih dalam proses pengambilan atau tahap penjemputan hasil evaluasi di Kemendagri, setelah dilakukan verifikasi dan disetujui oleh Kemendagri untuk siapa saja yang dilantik.

Pelantikan pejabat eselon II lingkup Pemprov Jambi tersebut di rencanakan pada akhir November 2021.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments