Rabu, 19 Januari 2022

Jambi United Butuh Dukungan Finansial Berlaga Liga 3 Nasional

Senin, 29 November 2021 | 11:24:51 WIB


Manajemen Jambi United bersama pelatih Oktavianus saat menggelar jumpa pers, Minggu (28/11) malam
Manajemen Jambi United bersama pelatih Oktavianus saat menggelar jumpa pers, Minggu (28/11) malam / Metrojambi.com

 JAMBI - Meski baru berusia tiga tahun, prestasi membanggakan berhasil ditorehkan klub sepakbola Jambi United. Klub yang berdiri pada 2018 itu keluar sebagai juara Liga 3 Jambi tahun 2021.

Dengan keberhasilan tersebut, Jambi United akan berlaga di Liga 3 nasional yang akan digelar awal 2022 mendatang.

Presiden Jambi United, Ade Apriadi mengatakan, saat ini berbagai persiapan tengah dilakukan jelang bergulirnya Liga 3 Nasional.

"Untuk Liga 3 Nasional nanti kita menargetkan masuk 8 besar, agar bisa lolos Liga 2," kata Ade kepada wartawan, Minggu (28/11) malam.

Terkait keikutsertaan Jambi United di Liga 3 Nasional, Ade mengatakan pihaknya butuh dukungan pemerintah daerah serta stakeholder lainnya, terutama dari segi finansial.

Ade menyebutkan, dari hitung-hitungan mereka, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk berlaga di Liga 3 Nasional. Untuk itu, Ade mengatakan pihaknya perlu dukungan dari semua pihak.

"Jika direntang dari nol sampai seratus, kekuatan (finansial, red) baru 30 persen. Kami sangat berharap kepada pemerintah dan stakehorder lainnya, mohon bantuannya. Bukan untuk kami pribadi, tapi untuk Jambi United," kata Ade.

Lebih lanjut Ade mengatakan, seluruh jajaran manajemen ingin agar Jambi United menjadi tim yang kuat secara teknis maupun non teknis. Secara teknis, Ade mengatakan jajaran manajemen sangat percaya dengan program yang dijalankan pelatih Oktavianus. Sedangkan  dari segi non teknis, Ade mengatakan pihaknya sangat percaya dengan kekuatan yang dimiliki saat ini.

Disinggung apakah jajaran manajemen Jambi United terbebani dengan masih minimnya dana untuk mempersiapkan tim berlaga di Liga 3 Nasional, Ade dengan tegas menapiknya.

Ade menyebutkan, sejauh ini Jambi United belum memiliki sponsor atau bantuan dari pemerintah. Namun berkaca dari pelaksanaan Ligas 3 Jambi beberapa waktu lalu, seluruh jajaran manajemen yang semunya merupakan penggila sepakbola bisa mengupayakan dana operasional bagi klub.

"Kewalahan tidak, kami tetap kuat. Kami tetap semangat untuk maju, apalagi kami ada terget masuk 8 besar. Dan kami yakin pemerintah tidak akan tinggal diam. Apalagi kami membawa nama Jambi," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan CEO Jambi United, Ari Dwidebrata. Dikatakan Ari, pihaknya membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk berlaga di Liga 3 Nasional. "Kami butuh support dari semua pihak," kata Ari.

Ari menyebutkan, saat ini ada 30 pemain yang mengikuti latihan bersama Jambi United untuk persiapan Liga 3 Nasional. Namun Ari menegaskan jika saat ini tidak ada pemain yang posisinya aman, apalagi manajemen hanya akan membawa 25 pemain untuk berlaga di Liga 3 Nasional.

"Untuk saat ini, mayoritas pemain asal Jambi. Untuk pemain luar ada tiga, yakni kiper dari Solok, Sumatera Barat, kemudian ada dari Sriwijaya FC dan PS Palembang," sebut Ari.

Ditambahkan Ari, saat ini pihak manajemen bersama pelatih Oktavianus juga tengah melakukan evaluasi terhadap komposisi pemain. "Jadi saya tegaskan, tidak ada pemain yang posisinya aman," tegas Ari.

Sementara itu, pelatih Jambi United, Oktavianus mengatakan pihaknya akan segera menggelar latihan untuk persiapan Liga 3 Nasional. Untuk tahan awal, Oktavianus mengatakan ia akan fokus memulihkan fisik pemain, paska libur dua pekan usai gelaran Liga 3 Jambi.

"Fisik harus siap 100 persen. Apalagi kita sudah bicara liga nasional. Persaingan akan sangat berat," kata pria yang akrab disapa Okta tersebut.

Okta menyebutkan, saat ini ada 30 pemain yang dipanggil untuk mengikuti latihan. Beberapa diantaranya merupakan pemain yang sebelumnya memperkuat sejumlah klub lain.

"Nanti akan kita seleksi lagi. Jadi, pemain yang lama jangan merasa sudah aman. Akan ada pengurangan. Untuk Liga 3 Nasional nanti kita maksimal bawa 25 pemain," bebernya.

Wakil Presiden Jambi United yang akrab disapa Papi Kiroy, menambahkan jika Januari 2022 nanti seluruh pemain akan mengikuti training camp (TC) di Jakarta.

Papi Kiroy mengatakan TC sengaja diadakan di Jakarta, agar seluruh pemain dapat fokus mengikuti latihan. Pasalnya, awal tahun nanti juga akan ada gelaran Gubernur Cup, dan bisa jadi pemain Jambi United dipanggil untuk memperkuat daerah masing-masing.

"Kepada pelatih kabupaten/kota, kami minta dan mohon untuk merelakan pemainnya ikut TC di Jakarta," katanya.


Penulis: fdy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments