Selasa, 16 Agustus 2022

Jelang Nataru, Gubernur Jambi Pantau Harga Bahan Pokok

Senin, 20 Desember 2021 | 18:01:15 WIB


Gubernur Jambi Al Haris saat memantau harga bahan pokok di Pasar Angso Duo Jambi
Gubernur Jambi Al Haris saat memantau harga bahan pokok di Pasar Angso Duo Jambi / Metrojambi.com

JAMBI - Jelang hari natal dan tahun baru (Nataru) Gubernur Jambi Al Haris memantau harga bahan pokok yang ada di Pasar Angso Duo Jambi, Senin (20/12).

Kala itu, Gubernur Jambi menyampaikan, ia sengaja memantau sekaligus sidak di Pasar Angso Duo tersebut dalam rangka mengecek harga bahan pokok menjelang Nataru. "Kita khawatirkan nanti ada kenaikan harga. Sementara masyarakat sangat membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari," kata Al Haris.

Al Haris berharap agar tidak ada kenaikan yang signifikan. Pedagang pun juga diminta untuk tidak memainkan harga bahan pokok. Menurut Al Haris, para pedagang harus memberikan harga yang layak untuk masyarakat, sehingga masyarakat bisa berbelanja sepertia biasa meskipun saat Nataru.

"Kita menginginkan pihak- pihak yang terkait dengan pedagang ini, melakukan pengecekan sehingga barang tetap tersedia dan tidak terjadi kelangkaan dipasaran" ujarnya.

Pemerintah Provinsi Jambi juga akan terus berusaha memantau stok bahan pangan tersedia dan memastikan tidak akan terjadi kenaikan harga yang signifikan. "Sehingga masyarakat tetap nyaman dalam berbelanja," demikian Al Haris.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Amir Hasbi mengatakan hingga saat ini harga bahan pokok di Jambi relatif stabil. "Walaupun telur mengalami kenaikan. Belum diketahuo pasti apa penyebabnya," katanya.

Dengan demikian, pihak Ketahanan Pangan dengan segera akan berkoordinasi dengan Dirkrimsus Polda Jambi untuk melakukan pelacakan apa yang menjadi penyebab kenaikan harga telur ini. "Untuk menstabilkan harga kita juga telah menggelar operasi pasar keliling," bebernya.

Diketahui, harga daging cukul stabil yakni Rp 120 ribu perkilogram, lalu harga cabai rawit Rp 45 ribu, cabai merah Rp 30 ribu, telur Rp 50 ribu perpiring, bawang merah dan bawang putih Rp 23 ribu perkilogram. "Yang mengalami kenaikan itu bawang naik Rp 4 ribu, cabai naik Rp 5 ribu perkilogramnya. Telur naik Rp 4 ribu perpiring," demikian Amir Hasbi.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments