Senin, 15 Agustus 2022

Jambi Berada di Puncak Musim Hujan

Senin, 27 Desember 2021 | 19:33:17 WIB


Kepala BMKG Jambi Ibnu Sulistyo menjelaskan prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Jambi. Provinsi Jambi berada di puncak musim hujan
Kepala BMKG Jambi Ibnu Sulistyo menjelaskan prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Jambi. Provinsi Jambi berada di puncak musim hujan / Antara/Muhamad Hanapi

 JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi menyatakan wilayah Provinsi Jambi pada saat ini berada di puncak musim hujan.

"Saat ini sedang dalam periode musim penghujan, dimana secara umum untuk wilayah Provinsi Jambi prediksi puncak musim hujan tahun 2021 ada di bulan November dan Desember," kata Kepala Seksi Data dan Informasi stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi Annisa Fauziah, Senin (27/12).

Annisa menjelaskan selama satu pekan ke depan seluruh wilayah Provinsi jambi berpotensi hujan sedang hingga lebat. Hujan dapat terjadi pada siang atau sore dan malam atau dini hari.

Selain itu hujan juga dapat di sertai dengan petir dan angin kencang, sehingga BMKG menghimbau masyarakat untuk dapat meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan. BMKG juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan karena hujan.

"Kami mengimbau agar waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti genangan, banjir, tanah longsor, angin kencang maupun berkurangnya jarak pandang saat berkendara," kata Annisa Fauziah.

Sementara itu di perairan timur Jambi ketinggian gelombang dalam kisaran 0,5 meter sampai dengan 1,25 meter. Namun perlu di waspadai potensi cuaca buruk yang sewaktu-waktu dapat terjadi di laut karena adanya awan Cumulonimbus yang dapat menimbulkan angin kencang serta meningkatkan ketinggian gelombang.

Selain itu banjir pesisir atau ROB di sepanjang pesisir timur Jambi juga berpeluang terjadi pada akhir tahun 2021.

"Kepada nelayan diharapkan dapat memperhatikan prakiraan cuaca sebelum pergi mencari ikan ke laut, dan meningkatkan kewaspadaan karena awan Cumulonimbus dapat terjadi kapan saja," kata Annisa Fauziah.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments