Rabu, 18 Mei 2022

PetroChina Jabung Ltd Berikan Bantuan Sapi

Kamis, 30 Desember 2021 | 20:39:07 WIB


pihak PetroChina International Jabung Ltd berkolaborasi bersama pihak PT. Wirakarya Sakti (WKS) memberikan bantuan sapi kepada kelompok tani yang berada di Desa Mencolok, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjab Timur, Kamis (30/12/2021).
pihak PetroChina International Jabung Ltd berkolaborasi bersama pihak PT. Wirakarya Sakti (WKS) memberikan bantuan sapi kepada kelompok tani yang berada di Desa Mencolok, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjab Timur, Kamis (30/12/2021). / istimewa

MUARASABAK - Bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang berada di wilayah kerjanya, pihak PetroChina International Jabung Ltd berkolaborasi bersama pihak PT. Wirakarya Sakti (WKS) memberikan bantuan sapi kepada kelompok tani yang berada di Desa Mencolok, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjab Timur, Kamis (30/12/2021).

Dua kelompok tani yang ada di Dusun Pasir Putih, Desa Mencolok ini, yaitu kelompok tani Karya Makmur dan Karya Tani mendapat bantuan sapi untuk program pengembangan sentra peternakan sapi di wilayah tersebut.

Kegiatan kali ini dihadiri oleh Yulian selaku Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, Bambang Kisworo selaku Manager CSR PT. WKS, Anwar Sadat selaku PLT Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjab Timur beserta stafnya yakni Drh. Ashari Adam Suryanto selaku Kabid Budidaya dan Agribisnis Peternakan, Drh. Desi Anggraini selaku Kasi Barbangnak, Dani Maretta Suseto selaku Kasubbag TU UPTD BPT, Rizki selaku Staf Budidaya, tiga orang Paramedis yakni M. Sulthoni A.Md, Revi Anindya, Adi Subari serta masyarakat yang tergabung dalam dua kelompok tani tersebut.

Yulian saat diwawancarai dalam kegiatan ini mengatakan, pada kesempatan kali ini pihak PetroChina International Jabung Ltd bersama PT. WKS memberikan bantuan sapi sebanyak 12 ekor untuk dua kelompok tani yang ada di Desa Mencolok.

"Program sinergi antara PetroChina International Jabung Ltd dan PT. WKS ini saya rasa sangat bagus sekali, karena dua perusahaan besar yang ada di wilayah Desa Mencolok ini bisa ikut berkontribusi untuk membantu perekonomian masyarakat dalam program pengembang biakan sapi ini," ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, dalam program ini pihaknya juga menggandeng petugas dari Disbunnak Tanjab Timur yang melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak yang akan dibagikan dalam program kali ini.

"Petugas dari Disbunnak Tanjab Timur sendiri dari awal sudah kita libatkan dalam hal seleksi CPCL (Calon Petani, Calon Lahan), seleksi bibit ternak yang akan dibagikan kepada kepada masyarakat serta nantinya juga dalam proses monitoring pengembangbiakan sapi ini," jelasnya.

Yulian berharap, nantinya bantuan yang telah diserahkan kepada kelompok tani ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan sapi yang diberikan ini dapat berkembang biak hingga mencapai jumlah yang banyak.

"Kami berharap sapa-sapi yang kami berikan ini populasinya bisa menjadi banyak dan berkembang biak dengan baik, agar nantinya bisa menjadi sentra peternakan di Tanjab Timur dan di Provinsi Jambi pada umumnya," harapnya.

Sementara itu, Bambang Kisworo saat diwawancarai di lokasi kegiatan pemberian bibit sapi ini menuturkan, program pemberdayaan  masyarakat desa yang dilakukan oleh pihak PetroChina International Jabung Ltd dan PT. WKS seperti yang dilakukan kali ini merupakan yang kesekian kalinya.

"Di Desa Mencolok ini sudah beberapa kali dilakukan program pemberian bantuan kepada masyarakat. Dan hari ini kami bersama pihak PetroChina International Jabung Ltd memberikan bantuan 10 ekor sapi betina dan 2 ekor sapi jantan kepada dua kelompok tani untuk program pengembangbiakan sapi nantinya, dengan tujuan utamanya agar dapat memberikan dampak positif peningkatan perekonomian masyarakat desa ini dan bisa menjadikan kabupaten ini sebagai lokasi swasembada daging sapi," tuturnya.

"Kami juga selalu bersinergi dengan PetroChina International Jabung Ltd untuk program Hortikultura, UMKM, Kebudayaan, Keagamaan dan Pendidikan di lokasi konsesi kita bersama," sambungnya.

Selanjutnya, Drh. Ashari dari Disbunnak Tanjab Timur dalam wawancaranya menyebutkan, sapi yang didatangkan dari Provinsi Lampung ini sebelum diserahkan kepada kelompok tani telah terlebih dahulu melewati seleksi dari sisi kesehatan, tinggi badan dan ukuran badan.

"Jadi kita berharap, ternak sapi yang didatangkan ini kondisinya sehat dan produktif. Sehingga bisa memberikan keturunan yang banyak seperti apa yang kita harapkan bersama," sebutnya.

Guntari, perwakilan dari kelompok tani yang menerima bantuan sapi dalam program ini mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas bantuan sapi yang telah diberikan oleh pihak PetroChina International Jabung Ltd dan PT. WKS ini.

"Pihak PetroChina ini dari awal tahun 2002 sudah membantu kami masyarakat di Desa Mencolok ini dalam bentuk Hortikultura, dan dampak positifnya sangat kami rasakan sekali," ujarnya.

"Dan sebelumnya kami di desa ini juga mendapat bantuan 60 ekor sapi dari PetroChina untuk program penggemukan. Hampir 70 persen masyarakat di Desa Mencolok ini sudah merasakan hasil dari apa yang sudah diberikan oleh pihak PetroChina," tambahnya.

Dirinya juga mengungkapkan, kontribusi dua perusahaan besar yakni PetroChina International Jabung Ltd dan PT. WKS sudah sangat membantu masyarakat di Desa Mencolok. Yang awalnya desa ini merupakan desa pemekaran dan masih tertinggal, kini perekonomian masyarakat sudah sedikit meningkat berkat campur tangan dua perusahaan tersebut.

"Dulunya kondisi perekonomian kami di sini cukup sulit, rumah-rumah masih berbahan kayu yang reot, kini rata-rata rumah sudah beton layak huni dan masyarakat memiliki usaha seperti beternak dan berkebun, itu semua berkat bantuan yang sudah diberikan oleh dua perusahaan besar itu yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur," ungkapnya.

"Kami juga berterima kasih kepada pihak Disbunnak Tanjab Timur yang selama ini telah bersedia mendampingi kami dalam hal perawatan dan pemantauan kesehatan serta perkembang biakan sapi yang ada di kami," pungkasnya.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments