Selasa, 31 Januari 2023

Mashuri Tawarkan Cik Bur Nyaleg DPR RI

Iday Sebut Pernyataan Cik Bur Hanya Lip Service

Senin, 13 Desember 2021 | 08:08:44 WIB


Ketua DPC Demokrat Tebo Syamsu Rizal
Ketua DPC Demokrat Tebo Syamsu Rizal / Metrojambi.com

 MUARATEBO - Perang pernyataan antara pendukung Burhanuddin Mahir dan kubu Mashuri menjelang penentuan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi berlanjut. Giliran Mashuri yang menawarkan posisi bagi Cik Bur –sapaan akrab Burhanuddin—bila nanti tak terpilih.

Serangan balik pendukung Mashuri disampaikan oleh Ketua DPC Demokrat Tebo Syamsu Rizal. Iday, sapaan akrab Syamsu Rizal, menyindir Cik Bur yang menyatakan akan merangkul semua kader bila nanti terpilih kembali sebagai Ketua DPD.

“Statement Cik Bur akan merangkul semua kader itu hanya lips service,” ungkap Iday, Minggu (12/12).

Menurut dia, sikap Cik Bur kontraproduktif dengan fakta di lapangan. Bila memang Cik Bur memiliki sifat merangkul semua kader, Iday mempertanyakan kenapa ada empat pelaksana tugas (Plt) Ketua DPC di masa kepemimpinannya.

Katanya, selama memimpin Demokrat Jambi, Cik Bur sudah mencopot empat ketua DPC, lalu menujuk Plt. Padahal, tambah Iday, pencopotan itu dilakukan tanpa terlebih dulu melakukan klarifikasi.

Dia menyebut ketua DPC Kota Jambi HM Nasir yang diganti oleh Horizon sebagai Plt dan Ketua DPC Sarolangun H Musharsyah yang diganti Arpan. Lalu, ketua DPC Tanjabbar H Otto di-plt-kan ke H Umar dan Iday sendiri selalu ketua DPC Tebo di-plt-kan ke Rasyid.

“Namun di kemudian hari, posisi Ketua DPC Tebo kembali lagi ke Iday,” katanya.

“Jadi statement tersebut hanya kamuflase untuk meraih simpati DPP, dengan harapan akan diberikan kesempatan kembali memimpin DPD Partai Demokrat Jambi,” tegasnya.

Setelah menyeleksi dan memverifikasi berkas calon Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, panitia akhirnya mengirim dua nama ke DPP, yakni Burhanuddin Mahir dan Mashuri.

Cik Bur adalah petahana, sedangkan Mashuri adalah pendatang baru di partai yang didirikan Susilo Bambang Yudhoyono ini. Cik Bur adalah mantan bupati Muarojambi dua periode, sedangkan Mashuri sedang menjabat Bupati Bungo periode kedua.

Sebagai pendatang baru, manuver Mashuri cukup mengejutkan di tubuh Demokrat Jambi. Apalagi, sebagai politisi yang belum pernah menjabat pengurus di Demokrat, namanya langsung masuk bursa calon ketua DPD.

Sembari menunggu keputusan DPP, masing-masing pendukung Cik Bur dan Mashuri saling klaim jumlah dukungan. Belakangan, pendukung Cik Bur memberikan pernyataan untuk menarik simpati kawan dan lawan.

Melalui para pendukungnya, Cik Bur menyebut akan merangkul semua kader bila nanti dipilih kembali oleh DPP untuk menjabat ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi.

Di sisi lain, Iday menyebut bahwa dalam sejarah politik Demokrat Jambi belum pernah ada jabatan ketua DPD sampai dua periode berturut turut.  Semua ketua DPD Demokrat Jambi, kata dia, hanya menjabat satu periode.

Dia lalu mengungkap hasil obrolannya dengan Mashuri. Bila Mashuri terpilih memimpin DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi nanti, kata dia, semua urusan Cik Bur akan dilancarkan, termasuk jika ingin mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI.

“Pak Mashuri akan memberi peluang kepada Cik Bur untuk maju sebagai caleg DPR RI, sebagai salah satu sarana untuk membantu AHY dalam mendulang suara di pileg dan pilpres,” ujarnya diplomatis.

Dia menegaskan, bila Mashuri yang diputuskan DPP untuk memimpin DPD Demokrat Jambi, maka “kami akan mengajak Cik Bur untuk berjuang bersama-sama di Demokrat”. 

Iday juga menjelaskan soal mundurnya penentuan ketua terpilih. “Kabarnya dijadwalkan Januari ini (sudah diputuskan). Kita santai saja. Tujuh suara optimis dukung Pak Mashuri sebagai ketua DPD Demokrat Jambi,” tutupnya.


Penulis: Suci Ramadhan
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments