Kamis, 18 Agustus 2022

Demokrat Uji Cik Bur & Mashuri, Dalami Persiapan dan Rencana Hadapi Pemilu 2024

Rabu, 05 Januari 2022 | 07:27:40 WIB


Mashuri dan Burhanuddin Mahir
Mashuri dan Burhanuddin Mahir / kolase - Metrojambi.om

 JAMBI - Dewan Pimpinan Pusat menguji dua calon kuat Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir dan H Mashuri. Keduanya di-fit and proper test oleh tim penguji secara terpisah. Burhanuddin alias Cik Bur di Jambi, Mashuri di Bungo.

Cik Bur menjalani tes secara virtual dari Hotel Aston. Dia diuji Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekjen Teuku Riefky Harsa, dan Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Demokrat Herman Khaeron.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Jambi Harison hadir bersama Cik Bur di Hotel Aston. Dia menjelaskan, setelah calon memenuhi syarat dukungan 20 persen suara, panitia Musda di Jambi memverifikasi.

Setelah itu, kewenangan ada di DPP. “DPP melakukan fit and propert test,” katanya. Karena itu, lanjut dia, tidak ada lagi pembahasan soal berapa dukungan. Fit and proper test, tegas dia, adalah soal pribadi.

Harizon menyatakan, Cik Bur bukan orang baru di politik. Namun, mantan Bupati Muarojambi itu tidak mau gembor-gembor. “Karena, itu memang bukan tipe Cik Bur,” ungkapnya.

Dalam fit and proper test itu, jelas Harison, DPP mendalami persiapan dan rencana calon ketua DPD menghadapi Pemilu 2024. “Jadi misi Cik Bur adalah menjadikan Partai demokratis, mandiri dan responsif,” katanya.

Namun, Harison tidak mau sesumbar soal peluang Cik Bur kembali menahkodai DPD. “Itu kewenangan DPP. Kita tunggu dalam seminggu atau dua minggu ini,” elaknya.

Usai Cik Bur, fit and proper test  dijalani Mashuri --juga secara virtual. Tes yang digelar sekitar pukul 16.00 WIB diikuti oleh Bupati Bungo tersebut dari kediaman pribadinya.

“Alhamdulillah. Kita optimis, insyaallah, DPP akan memilih kita sebagai ketua Partai Demokrat," ujar Mashuri yang dikonfirmasi seusai tes.

Dia menyatakan, tes dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat AHY yang didampingi Sekjen DPP dan Ketua BPOKK.

Kata Mashuri, dia diuji selama sekitar 30 menit dan semua pertanyaan dijawab dengan baik dan lancar. Dia berharap, apapun keputusan DPP nanti bisa diterima dengan baik oleh seluruh kader Partai Demokrat.

Jika nanti dia yang dipercaya memimpin DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, tambah Mashuri, dia akan mengedepankan persatuan seluruh kader. Kader-kader potensial, kata dia, tetap dirangkul demi kemajuan partai.

“Sesuai instruksi partai, semua kader harus tegak lurus satu komando," ucap Mashuri mengulangi pesan Ketua Umum DPP Partai Demokrat AHY.

Ketua DPC Partai Demokrat Tebo Syamsu Rizal adalah salah satu pendukung kuat Mashuri. Dia menyebut Mashuri didukung oleh tujuh DPC. Mashuri, tambahnya, adalah sosok yang visioner, muda dan energik.

Ketua DPC Partai Demokrat Batanghari Camellia Puji Astuti menyatakan sudah memberikan dukungan resmi kepada Mashuri.  “Kami yakin dengan pilihan kami karena Pak Mashuri paham apa yang dilakukan sebagai ketua,” ujarnya.

Setelah ini kata Camelia dukungan akan diberikan, dirinya berkeyakinan dukungan kana diberikan pada Mashuri karena memiliki dukungan terbanyak.

Dalam rangkaian Musda Partai Demokrat Provinsi Jambi, baik Cik Bur maupun Mashuri mengklaim mendapat dukungan mayoritas pengurus Partai Demokrat kabupaten dan kota. Namun keputusan final berpulang pada DPP.

Anggota Steering Commitee Musda, Endang Kuswardani, menjelaskan bahwa setelah fit and proper test DPP akan menentukan siapa yang ditunjuk sebagai ketua DPD. “Kita tunggu saja dalam dua atau tiga hari ini,” katanya singkat.


Penulis: Sahrial/Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments