Minggu, 2 Oktober 2022

Lulus Jadi Anggota Polri, Orang Rimba akan Jadi Bhabinkamtibmas di Daerah Asal

Selasa, 04 Januari 2022 | 19:13:58 WIB


Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiono bersama Perbal Tampung, Orang Rimba yang lulus menjadi Bintara Polri
Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiono bersama Perbal Tampung, Orang Rimba yang lulus menjadi Bintara Polri / Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Perbal Tampung, Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba yang lulus pendidikan Bintara Polri akan menjadi Bhabinkamtibmas di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, yang merupakan daerah asalnya.

Ditugaskan di daerah kelahirannya, pemuda 20 tahun itu diharapkan mampu memberikan contoh bagi warga SAD lainnya.

Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiono mengungkapkan rasa bangga akan hadirnya perwakilan Suku Anak Dalam membawa nama Sarolangun menjalani pendidikan di Bintara Polri.

"Yang berada di samping saya Perbal ini adalah salah satu contoh yang nanti akan terus kita minta memberikan pemahaman ke warga SAD," kata Sugeng, Selasa (4/1/2022).

Ditambahkan Sugeng, dengan kehadiran Perbal itu agar ke depan warga SAD ini bisa memahami bahwa ada ketentuan-ketentuan hukum yang kita patuhi demi menciptakan ketertiban di masyarakat.

"Saya juga minta ke Perbal, untuk mengajak lagi pemuda-pemuda SAD yang memang memenuhi syarat untuk bisa menjadi anggota Polri ayo diajak," ujar Sugeng.

Sugeng berharap, dengan banyaknya warga SAD yang diajak menjadi anggota Polri tentu akan mengurangi kemungkinan SAD ini melakukan kesalahan seperti yang telah lewat.

"Ini nanti Perbal akan ditugaskan sebagai Babin Kamtibmas di Kecamatan Air Hitam, tapi sementara itu dia belum bertugas dan dia nanti akan kita berikan pembekalan dalam artian ilmu keterampilan lain yang mungkin tidak diperoleh di SPN Jambi," ungkapnya.

Selain itu, Sugeng mengungkap bahwa sosok ini akan mampu membatu Polri khususnya di Polres Sarolangun untuk menciptakan kondisi yang kondusif baik dalam hubungan masyarakat non SAD dan masyarakat SAD itu.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments