Kamis, 19 Mei 2022

Mengapa Muslim Menutup Aurat? Ini Penjelasannya...

Jumat, 07 Januari 2022 | 11:19:26 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

BAGI seorang muslim menutup aurat adalah perintah Allah dengan tujuan agar kemuliaannya di mata masyarakat selalu terjaga.

Selain itu juga agar terhindar dari fitnah yang akan datang dari lawan jenis. Menutup aurat tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga untuk citra masyarakat umum.

Hal ini sudah disebutkan dalam beberapa ayat Al-Quran yang didalamnya memerintahkan manusia untuk menutup aurat.

Berikut kumpulan ayat Al-Quran yang berisikan perintah menutup aurat:

Surah Al Araf Ayat 26

Artinya : Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat. (QS. Al-A'raf : 26)

Surah An-Nur Ayat 31

Artinya : Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan.

Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung. (QS. An-Nur : 31)

Surah Al-Ahzab Ayat 59

Artinya: Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin,

"Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab : 59)

Salain itu, perintah menutup aurat juga sudah tercantum dalam hadits Rasulullah SAW. Berikut kumpulan hadits tentang perintah menutup aurat:

Hadits Riwayat At-Tirmidzi

Tutuplah auratmu kecuali dari istrimu atau budak perempuanmu (HR. At-Tirmidzi)

Hadits Riwayat Abu Dawud

Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita, apabila telah balig (mengalami haid), tidak layak tampak dari tubuhnya kecuali ini dan ini (seraya menunjuk muka dan telapak tangannya) (HR. Abu Dawud)

Nah, itu tadi kumpulan Al Quran dan hadits yang berisikan perintah menutup aurat.

Bagi umat muslim harus menutup aurat. Jadi yang sampai sekarang belum menutup aurat, yuk kita menutup aurat.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: suara.com


comments