Senin, 15 Agustus 2022

Hakim Tolak Keberatan Ketua KPU Tanjab Timur

Senin, 10 Januari 2022 | 20:46:30 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARASABAK - Majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jambi yang diketuai Yandri Roni, menolak eksepsi atau keberatan yang diajukan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Timur, Nurkholis.

Penolakan tersebut dibacakan dalam persidangan pada Senin (10/1/2022) siang dengan agenda putusan sela.

Sebelumnya, Nurkholis yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Pilkada 2020 mengajukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjab Timur.

Selain keberatan Nurkholis, majelis hakim juga menolak keberatan tiga terdakwa lainnya, yakni Sumardi, Hasbullah, dan Mardiana.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanjab Timur Rachmad Surya Lubis mengatakan, dalam putusan sela majelis hakim menolak seluruh keberatan penasehat hukum terdakwa, dan menyatakan surat dakwaan penuntut umum telah memenuhi syarat formil dan materil sebagaimana pasal 143 KUHP.

"Dari laporan Kasi Pidsus saya di Jambi, alhamdulillah putusan sela majelis hakim menolak keberatan para pengacara terdakwa," kata Rachmad saat dikonfirmasi.

Dijelaskannya, keberatan yang diajukan penasehat hukum terdakwa sama dengan yang diajukan terdakwa pada sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Tanjab Timur sebelumnya, seperti terkait dengan izin penggeledahan, izin sita, penetapan tersangka dan sebagainya.

"Jadi dalam beberapa minggu ini kita juga mengajukan bantahan atau tangkisan, dan alhamdulillah hasil putusannya ditolak," ucapnya.

Selanjutnya, persidangan perkara tipikor di KPU Kabupaten Tanjab Timur akan dilanjutkan pada hari Kamis tanggal 13 Januari 2022 dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi yang diajukan oleh jaksa.

"Karena putusan sela ditolak, maka sidang perkara KPU Tanjab Tinur dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi," tukasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments