Minggu, 22 Mei 2022

Apa itu Digital Banking? Simak Cara Menggunakannya!

Senin, 17 Januari 2022 | 22:43:06 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

TIDAK dipungkiri bahwa saat ini internet dapat mempermudah urusan manusia dengan memberikan layanan digital untuk aneka macam keperluan. Salah satunya adalah menghadirkan layanan digital banking atau bank digital. Kehadiran fitur digital tersebut tentunya membuat seluruh bank di dunia menjadi lebih dekat dengan para nasabahnya. Lantas, apa itu digital banking dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Pengertian Digital Banking dan Cara Menggunakannya

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), digital banking merupakan suatu layanan perbankan elektronik yang dibuat untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan data para nasabah sebagai upaya untuk melayani nasabah dengan lebih cepat, mudah, dan sesuai kebutuhan. Bank digital juga dapat diartikan sebagai seluruh kegiatan perbankan yang dapat dilakukan secara penuh menggunakan internet.

Tentunya, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh nasabah saat menggunakan bank digital. Mulai dari bebas biaya administrasi, tidak ada biaya transfer, lebih praktis dan mudah, serta bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Dengan beragam keuntungan yang ditawarkan, tentu semakin banyak yang tertarik untuk mencoba menggunakan bank digital. Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Pilih Digital Banking yang Terpercaya

Langkah pertama untuk menggunakan bank digital adalah memilih aplikasi digital banking yang terpercaya. Saat ini, hampir semua bank di Indonesia sudah menyediakan layanan bank digital untuk para nasabahnya. Agar bisa mendapatkan layanan bank digital yang memuaskan, tentunya Anda harus memilih aplikasi digital banking yang terbaik dan terpercaya.

Nah, salah satu aplikasi bank digital yang layak Anda pilih adalah Senyumku. Senyumku merupakan produk aplikasi bank digital yang dikeluarkan oleh PT Bank Amar Indonesia Tbk. Sebagai aplikasi bank digital terbaik, Senyumku tentu menawarkan berbagai macam pilihan fitur keuangan yang lengkap. 

Fitur yang ditawarkan mulai dari layanan buka rekening online hingga melakukan berbagai transaksi keuangan secara aman. Senyumku juga menawarkan beberapa keunggulan, seperti buka rekening digital tanpa setoran awal, bunga tabungan yang kompetitif, serta pengelolaan keuangan menggunakan teknologi canggih.

2. Lakukan Pendaftaran Rekening Online

Setelah memilih aplikasi bank digital yang terbaik, selanjutnya adalah melakukan pendaftaran untuk membuka rekening online. Anda tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan pendaftaran karena proses ini bisa dilakukan secara online menggunakan smartphone. Namun, pastikan Anda memenuhi persyaratan yang ditentukan, yaitu WNI, telah berusia 17 tahun, serta sudah memiliki KTP. Tahapan membuka rekening online di aplikasi Senyumku adalah sebagai berikut:

Download aplikasi Senyumku melalui perangkat android

Buka aplikasi Senyumku, lalu klik ‘Daftar’

Isi semua data diri yang diminta, seperti nama, alamat lengkap, dll

Unggah foto selfie dan foto KTP

Tunggu beberapa saat sampai tim Senyumku menghubungi Anda untuk melakukan verifikasi

Proses pendaftaran rekening online di aplikasi Senyumku selesai, Anda resmi menjadi Sahabat Senyumku dan bisa menikmati berbagai fitur menarik di dalamnya.

3. Nikmati Beragam Fitur Sesuai Kebutuhan 

Setelah berhasil melakukan pendaftaran dan resmi menjadi nasabah di salah satu bank digital, maka Anda sudah bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut. Beberapa fitur yang umumnya hadir dalam platform bank digital adalah transfer dana, informasi saldo, mutasi rekening, pembelian pulsa, hingga pembayaran PLN, teleon, listrik, asuransi, dll.

Khusus untuk aplikasi Senyumku, ada beberapa fitur tambahan yang belum tentu ada di platform bank digital lainnya. Mulai dari fitur Celengan Senyumku yang bisa digunakan untuk membuat wishlist sesuai kebutuhan, fitur Auto Categorization untuk mengkategorikan transaksi secara otomatis, fitur Spending Alert untuk memberikan peringatan jika pengeluaran hampir mendekati budget, serta fitur lainnya.

Itulah pengertian digital banking serta cara menggunakannya. Tentunya, aplikasi bank digital ini sangat mudah digunakan dan bisa membuat aktivitas transaksi keuangan Anda menjadi lebih praktis dan ekonomis. Maka dari itu, segera buka rekening online sekarang juga untuk menikmati beragam layanan yang menguntungkan.


Penulis: *
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments