Selasa, 9 Agustus 2022

Dinas Perpustakaan Sarolangun Gandeng Mahasiswa Tingkatkan Minat Baca

Senin, 17 Januari 2022 | 21:35:08 WIB


/ Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sarolangun menggandeng kalangan mahasiswa untuk ikut menumbuh kembangkan minat baca di masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sarolangun Ali Amri mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dan promosi untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten Sarolangun.

"Minat baca kita ini secara umum masih rendah dan kita belum mengukur sesuai ketentuan yang ada," kata Ali, Senin (17/1/2022).

Ali bahkan mengatakan pihaknya telah mengajak sekolah-sekolah untuk membawa siswanya berkunjung ke perpustakaan. "Dulu sebelum direhab bangunan ini banyak yang berkunjung baik tingkat SD, PAUD, TK. Pernah juga dari SMK Singkut," katanya.

Selain mengandeng sekolah-sekolah, pihaknya juga pernah melakukan perpustakaan keliling berikut kini dengan mengajak mahasiswa.

"Dengan adanya kondisi Covid-19 itu mengalami penurunan, dengan artinya volume kita turun ke lapangan mengalami penurunan," katanya.

Dengan kehadiran para mahasiswa, lanjut Ali, diharapkan bisa mengajak teman-temannya yang lain untuk datang berkunjung ke perpustakaan.

Ali mengungkapkan, terimakasih atas pemikiran mahasiswa yang ingin menambah ilmu dan pengetahuan dengan membaca di perpustakaan itu.

"Koleksi yang ada di perpustakaan kalau dikatakan cukup itu sudah cukup, hanya saja mungkin koleksi yang terbarukan itu yang masih kurang," ungkapnya.

Sementara itu, bagi para masyarakat yang ingin berkunjung nanti akan dibantu menggunakan aplikasi untuk mempermudah dan mempercepat layanan buku yang diinginkan.

"Jumlah koleksi kita ada 13 ribu buku dan paling banyak dicari itu buku terapan seperti perkebunan, tanaman pangan juga keagamaan," pungkasnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments