Selasa, 9 Agustus 2022

Tiga Desa di Kerinci Belum Cairkan DD Tahap Ketiga

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:49:23 WIB


Sahril Hayadi
Sahril Hayadi / dokumentasi - Metrojambi.com

KERINCI – Hingga kini, dari total 285 desa di Kabupaten Kerinci, ada 3 desa yang belum melakukan pencaiaran Dana Desa (DD) untuk tahap ketiga tahun 2021.

Ketiga desa tersebut yakni Desa Koto Dua Baru Kecamatan Air Hangat Barat, Desa Koto Simpai Kecamatan Depati Tujuh dan Desa Batu Gantih Hilir Kecamatan Gunung Kerinci.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kerinci Sahril Hayadi mengatakan, penyebab ketiga desa tersebut belum melakukan pencaiaran DD tahun 2021, karena ada persoalan di desa tersebut.

“Untuk Desa Koto Simpai dan Desa Batu Gantih Hilir keterlambatan pencaiaran dana desa dikarenakan kepala desa mereka meninggal dunia beberapa bulan lalu, sehingga menyebabkan adanya keterlambatan pengajuan pencaiaran,” ujar Sahril Hayadi.

Sedangkan Desa Koto Dua Baru Kecamatan Air Hangat Barat belum bisa melakukan pencaiaran Dana Desa, dikarenakan masih dijabat pelaksana tugas kepala desa.

“Untuk Desa Koto Dua Baru, mantan kepala desa mereka masih menjalani persidangan di pengadilan tipikor, sehingga pelaksana tugas kepala desa tidak dibenarkan secara aturan mengelola dana desa,” jelasnya.

Sahril Hayadi mengatakan, untuk Desa Koto Dua Baru sudah 2 tahun terakhir tidak melakukan pencairan dana desa, hal ini sangat merugikan masyarakat lantaran pembangunan tidak berjalan serta BLT juga tidak bisa disalurkan.

Ke depan, Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kerinci akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait persoalan pencairan dana desa bagi Desa Koto Dua Baru, sehingga pembangunan yang ada di desa tersebut bisa tetap berjalan.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments