Rabu, 28 September 2022

Cek Endra Sebut Sarolangun Masih Butuh Honorer

Senin, 24 Januari 2022 | 20:59:50 WIB


Bupati Sarolangun Cek Endra
Bupati Sarolangun Cek Endra / Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Bupati Sarolangun Cek Endra meminta agar pegawai honorer di daerah itu untuk tidak khawatir terkait rencana pemerintah menghapuskan tenaga honorer pada 2023 mendatang.

"Seingat saya sampai hari ini belum ada itu. Kita tunggu saja lah. Saya pikir honorer tidak perlu khawatir," kata Cek Endra, Senin (24/1/2022).

Menurut Cek Endra, Kabupaten Sarolangun sendiri hingga saat ini masih membutuhkan tenaga honorer, terutama untuk tenaga pendidik.

Bupati Sarolangun dua periode itu yakin pemerintah akan lebih bijak dalam menyelesaikan masalah honorer ini. "Harapan kita honorer yang ada diangkat jadi PNS," ujarnya.

Cek Endra mengungkapkan, Pemkab Sarolangun masih kekurangan pegawai dengan status Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan ada sekolah di daerah terpencil yang pegawai dengan status ASN hanya satu orang.

"Sekarang honorer daerah kan dibayar dengan dana daerah, bukan dari pusat. Sedangkan honorer yang jadi tenaga pendidik itu juga dibebankan kepada daerah," kata Cek Endra.

Dikatakannya lagi, jika pelayanan terhadap masyarakat telah didukung oleh jumlah ASN, barulah honorer tidak diperlukan lagi. "Kalau sekarang guru kita masih kurang, staf kita masih kurang di daerah terpencil itu. Juga tenaga medis kita, perawat, bidan desa yang aslinya ASN tidak sampai 20 persen," ungkapnya.

Dikatakan Cek Endra, honorer juga ditugaskan melayani masyarakat, termasuk pelaksanaan vaksinasi yang disebutnya banyak dimiliki peran honorer. "Jangan hanya menyudutkan honorer. Pelayanan masyarakat dan pemerintah juga terbantu dengan para honorer," tutupnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments