Kamis, 18 Agustus 2022

Kedapatan Buat Senjata Tajam Diduga untuk Aksi Kejahatan, Sejumlah Pemuda Diamankan

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:43:50 WIB


/ Metrojambi.com/ist

JAMBI - Warga Jalan Kartini, RT 42 Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Paalmerah, Kota Jambi pada Senin (24/1/2022) sore mengamankan sejumlah pemuda yang kedapatan membuat senjata tajam, diduga untuk aksi kejahatan.

Mikri, tokoh pemuda setempat mengatakan, awalnya ia ditelepon oleh Salamun, yang merupakan ketua Rukun Tetangga (RT) di daerah itu. Salamun mengabarkan ada sejumlah orang sedang membuat senjata tajam di bengkel las yang berada di sebelah rumah Mikri.

Baca juga : Wakapolda Jambi Instruksikan Anggota Tindak Tegas Geng Motor

Setelah mendapatkan informasi, Mikri langsung mendatangi bengkel tersebut. Saat itu, Mikri mendapati sejumlah pemuda sedang menggerinda besi untuk dibentuk menjadi parang dan celurit dengan ukuran panjang.

"Saat saya datangi dua orang kabur dengan membawa sepeda motor," kata Mikri saat ditanyai wartawan.

Ditambahkan Mikri, ia langsung mengamankan dan menginterogasi para remaja yang masih berada di lokasi dan tidak sempat melarikan diri. "Mereka saya tanyai, 'kalian buat (senjata, red) ini untuk apa'. Anak-anak itu ngaku untuk kerja di sawah," ujar Mikri.

Baca juga : Polisi Petakan Tiga Grup Geng Motor

Sementara itu Heri, pegawai bengkel las saat ditanyai mengaku tidak mengenal kelompok pemuda tersebut.

"Mereka datang mau minjam gerinda, katanya mau buat parang dan celurit untuk bapaknya ke sawah. Saya kasih, namun mereka juga belum ada kasih saya uang untuk upah gerinda. Mereka gerinda sendiri dan yang membentuk parang serta celurit," kata Heri.

Karena curiga kelompok pemuda itu merupakan geng motor, warga lantas menghubungi pihak kepolisian agar datang ke lokasi.

Kapolsek Jambi Selatan AKP Alfian saat dikonfirmasi membenarkan adanya sejumlah pemuda yang diamankan setelah kedapatan oleh warga membuat senjata tajam.

"Iya, benar. Ada delapan orang pemuda. Saat ini mereka masih dalam proses," kata Alfian, Rabu (26/1/2022).

Ditambahkan Alfian, kelompok pemuda itu datang ke bengkel di RT 42 Kelurahan Talang Bakung meminjam alat listrik jenis gerinda, untuk membuat senjata jenis celurit.

"Mereka diamankan oleh anggota Paminal Bidpropam Polda Jambi yang dipimpin oleh Kompol Andi Musahar. Setelah itu barulah di serahkan ke Polsek Jambi Selatan untuk dilakukan penyidikan," terang Alfian.

Lebih lanjut Alfian mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan dari delapan pemuda tersebut ada tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari hasil pemeriksaan, tiga orang yang memenuhi unsur. Untuk lima orang lainnya telah kita pulangkan ke orang tuanya masing-masing dan dikenakan wajib lapor seminggu tiga kali," kata Alfian.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments