Sabtu, 4 Februari 2023

Walikota Sungaipenuh Peroleh Gelar dari Keraton Surakarta

Selasa, 01 Maret 2022 | 08:23:56 WIB


Walikota Sungaipenuh Ahmadi Zubir dan istri berfoto bersama seusai menerima penyerahan gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat
Walikota Sungaipenuh Ahmadi Zubir dan istri berfoto bersama seusai menerima penyerahan gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat / ANTARA/HO/Inst-Diskominfo Sungaipenuh

 SUNGAIPENUH - Walikota Sungaipenuh Ahmadi Zubir mendapat gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah, atas perannya menjaga adat dan budaya Jawa di daerah yang dipimpinnya.

Walikota Ahmadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/3), mengaku tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa dirinya akan mendapat gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pihak keraton menyematkan gelar kepada Walikota Ahmadi dengan nama KRT Ahmadi Zubir Gunodipuro. Selain Ahmadi, penghargaan diterima sang istri yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sungaipenuh Herlina Ahmadi dengan gelar Kanjeng Mas Tumenggung (KMT).

Gelar tersebut diberikan oleh Sri Susuhunan SISKS Pakoe Boewono XIII didampingi Prameswari Dalem GKR Pakoe Boewono dalam rangka Hari Besar Raja Keraton Tingalandalem Jumenengan Ke-18 ISKS Paku Buwono XIII.

Menurut Ahmadi, kepercayaan yang telah diberikan Keraton Surakarta Hadiningrat kepada dirinya menjadi amanah untuk terus melestarikan adat dan budaya.

"Ini tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk terus menjaga kelestarian budaya khususnya budaya Jawa di daerah Kota Sungaipenuh," kata Ahmadi.

Gelar kehormatan tersebut diberikan berdasarkan kriteria dan penilaian tersendiri yang dilakukan oleh Abdi Dalem Keraton Surakarta kepada tokoh atau pemimpin yang mampu berkarya dan melestarikan budaya serta menjaga keberagaman.

Pada acara penganugerahan gelar kehormatan yang berlangsung Sabtu (26/2) malam itu, Walikota Ahmadi memakai pakaian beskap lengkap dengan blangkon dan keris. Prosesi pemberian anugerah gelar tersebut berlangsung secara khidmat dan sakral.

Selain Walikota Sungaipenuh, gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) juga diterima oleh Bupati Merangin H Mashuri.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments