Minggu, 4 Desember 2022

42 Dusun di Bungo akan Gelar Pilrio Serentak

Rabu, 02 Maret 2022 | 08:37:57 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARABUNGO - Sebanyak 42 dusun (desa, red) di Kabupaten Bungo akan menggelar pemilihan Rio (Kepala Desa, red) secara serentak. Dijadwalkan, pesta demokrasi tingkat dusun tersebut akan digelar pada 15 Juni 2022 mendatang.

Meskipun saat ini penyebaran pandemi Covid-19 terus mengalami peningkatan, namun pelaksanaan Pilrio tetap akan dilakukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun Kabupaten Bungo Taufik Hidayat memastikan pelaksanaan Pilrio nanti akan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Aturan-aturan yang telah ditetapkan sudah dilakukan sosialisasi kepada panitia pemilihan untuk menghindari terjadinya klaster Covid-19.

"Selain kita lengkapi dengan alat prokes, kita juga akan membatasi jumlah pemilih yang datang disetiap TPS," kata Taufik, Rabu (2/3).

Taufik menjelaskan, bagi calon Rio yang akan ikut berkompetisi, selain melengkapi syarat umum juga harus melengkapi syarat khusus dari kabupaten, yakni bebas narkoba dan memiliki pengetahuan tentang adat.

Syarat-syarat itu harus dimiliki, karena Rio yang terpilih secara otomatis akan menjadi pemangku adat di dusun yang ia pimpin.

"Syarat tambahan ini sudah kita berlakukan sejak 2016 lalu. Ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa pemimpin memang bebas dari narkoba," katanya.

Semua berkas syarat pencalonan Rio tersebut akan dikirim oleh panitia dusun ke tim kabupaten untuk diverifikasi. Jika tidak memenuhi syarat akan digagalkan pencalonannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Aprianto meminta kepada panitia yang terlibat untuk memastikan Pilrio berjalan dengan baik di tengah wabah Covid-19.

"Kita berharap pelaksanaan Pilrio ini sukses. Termasuk, sukses keamanan dan sukses prokes. Ini Pilrio dalam suasana Covid-19," katanya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments