Kamis, 8 Desember 2022

Festival Kerinci Masuk KEN 2022

Rabu, 02 Maret 2022 | 16:55:23 WIB


/ Metrojambi.com

 KERINCI - Festival Kerinci kembali masuk penganugerahan Kharisma Event Nusantara (KEN) Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2022.

Masuknya Festival Kerinci dalam Kharisma Event Nusantara Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan kali kedua di dapat, setelah sebelumnya pada tahun 2020 masuk Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Juanda Sasmita membenarkan bahwa Festival Kerinci masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2022.

Mantan Kadis Sosial Kerinci ini mengatakan pada tahap awal sebanyak 319 event yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia yang masuk dalam KEN kemudian dari hasil seleksi oleh tim terjaring sebanyak 171 event.

"Untuk Provinsi Jambi ado dua yg lolos yaitu Festival Muaro Jambi dan Festival Kerinci," kata Juanda Sasmita, Rabu (2/3).

Dengan masuknya Festival Kerinci KEN, Juanda berharap adanya suport anggaran dari Provinsi dan pusat dalam pengembangan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Kerinci.

"Festival Kerinci bisa lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara dan nusantara, sehingga kunjungan wisatawan ke kerinci bisa lebih meningkat lagi dan dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat Kerinci," sebutnya.

Untum diketahui, KEN merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Adanya event parekraf ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments