Selasa, 28 Juni 2022

Komisi III DPRD Merangin Sidak PT Graha Bangko

Selasa, 15 Maret 2022 | 13:59:54 WIB


/ istimewa

BANGKO - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin pada Selasa (15/3/2022) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Graha Bangko (GCBJ).

Sidak dipimpin Zainal Amri, dan diikuti anggota Komisi III DPRD Merangin lainnya seperti Rahmat Hidayat, Abdul Karim, M Thais, dan Zainuri.

“Sesuai tugas kami, Komisi III di bidang proses pembuangan dan pengolahan limbah,” ujar Amri.

Sebelumnya, rombongan terlebih dahulu melihat gudang limbah B3. Terlihat awak media, gudang terbilang tak terurus.

Baik Komisi III maupun DLH Merangin, memberikan pertanyaan demi pertanyaan pada bagian personalia perusahaan yang mendampingi.

Rombongan kemudian melihat pabrik PT Graha Cipta yang belakangan bermasalah dengan perijinan, masih memuat sawit. Selanjutnya, Sidak memantau langsung kolam limbah pembuangan sawit PT Graha Cipta.

Menurut keterangan perwakilan perusahaan, sejatinya ada lima kolam yang perusahaan miliki. Namun karena produktivitas pabrik turun, hanya dua kolam saja yang berisi limbah.

“Kalau kolam yang lain, berisi air, air hujan,” terang perwakilan tersebut.

Meski panas terik, tak membuat dewan dan DLH lengah. Mereka masih melihat jeli dan awas pelanggaran akan aturan terlebih yang merugikan masyarakat.

Ada beberapa masukkan Komisi III dan DLH terkait kunjungan mereka pada PT Grahacipta Bangko Jaya. Yakni pembenahan gudang penyimpanan, saluran air yang tergenang dekat pabrik dan kebocoran lain.

Sekitar pukul 12.10 Wib, sidak berakhir dengan penutupan di kantor besar pabrik yang berada di Desa Karang Anyar itu.

Setelah PT Graha Cipta Bangko Jaya (GPBJ) Komisi III berlanjut sidak pabrik sawit ke 2 perusahaan lain yakni pabrik triplek PT LUK dan pabrik sawit PT KDA.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments