Rabu, 28 September 2022

Stok Pangan di Batanghari Aman

Selasa, 12 April 2022 | 10:30:12 WIB


TPID Batanghari turun lakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar kramat tinggi Muara Bulian
TPID Batanghari turun lakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar kramat tinggi Muara Bulian / Istimewa

MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menyatakan  ketersediaan bahan pangan di bulan puasa di sejumlah pasar di Batanghari dalam kategori aman.

"Stok ketersediaan bahan pangan untuk di sejumlah pasar di Batanghari masih aman, meski  mengenai harga ada beberapa komoditas pangan yang mengalami fluktuatif," kata Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Batanghari, Rahima, Selasa (12/4).

Kebutuhan pangan ini tergantung dari jumlah penduduk. Dari data yang ada kebutuhan pangan berbeda-beda setiap komoditasnya.

“Untuk beras dalam per hari itu butuh 76 ton, bawang merah 3,08 ton, bawang putih 1,25 ton, cabai besar 4,25 ton, cabai rawit 1,70 ton, daging sapi 2,30 ton daging ayam 7,41 ton,”

Seperti cabai rawit, cabai merah dan daging ayam, akan tetapi secara keseluruhan kondisi ketersediaan bahan pangan bisa dikatakan tersedia dengan baik.

Harga bahan pokok ini berdasar pengalaman sebelumnya kenaikan harga mengikuti tren selama bulan puasa.

“Setelah Satgas Pangan mengecek ketersediaan pangan diketahui stok pangan di Batanghari cukup aman. Belum ditemukan gejala-gejala penimbunan atau pun hal-hal yang dapat merugikan konsumen,” katanya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments