Minggu, 2 Oktober 2022

Potensi Penerimaan Zakat di Kota Jambi Capai Rp 8 Miliar

Selasa, 12 April 2022 | 13:51:43 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jambi memperkirakan potensi penerimaan zakat, infak, dan sedekah tahun ini mencapai Rp 7 hingga Rp 8 miliar.

"Ini belum terkumpul semua, karena belum akhir tahun. Kalau diperkirakan akhir tahun bisa mencapai itu," kata Ketua Baznas Kota Jambi Syamsir Naim saat dikonfirmasi, Selasa (12/4).

Syamsir menyebutkan, pada 20 April lalu lewat kegiatan mustahiq pihaknya telah menyalurkan zakat kepada 5.000 orang yang berhak menerima, dimana setiap orang mendapatkan Rp 300 ribu.

"Karena banyak orang yang meminta jadi dikurangi, yang sebelumnya Rp 500 ribu menjadi Rp 300 ribu," ujarnya.

Kemudian, Syamsir mengatakan pihaknya juga telah menyerahkan zakat untuk anak yatim melalui Tim Penggerak PKK. "Tim PKK inilah yang menyalurkan. Ada 700 orang, satu orang sebesar Rp 350 ribu," kata Syamsir.

Lebih lanjut Syamsir mengatakan, untuk saat ini yang baru membayar zakat hanya aparatur sipil negara (ASN) Kota Jambi, berdasarkan instruksi Walikota Jambi.

"Perda belum selesai di DPRD Kota Jambi. Jika sudah selesai, kami bisa minta seluruh umat Islam bayar zakat. Seperti perusahaan, apotek, bank dan lainnya," pungkasnya.


Penulis: Ichsan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments