Minggu, 2 Oktober 2022

Pemprov Jambi Ajukan 150 Formasi PPPK

Selasa, 12 April 2022 | 20:27:58 WIB


Plt Kepala BKD Provinsi Jambi Henrizal
Plt Kepala BKD Provinsi Jambi Henrizal / Metrojambi.com

 JAMBI - Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengajukan 150 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Henrizal menyampaikan bahwa berdasarkan ketentuan, pada tahun ini pemerintah Provinsi Jambi tidak mengajukan penerimaan CPNS.

"Untuk CPNS tidak ada, yang ada PPPK," katanya, Selasa (12/4).

Saat ini, BKD Provinsi Jambi masih menunggu ketentuan dari Kemenpan RB dan dan Kemendagri. Dimana, untuk ketentuan seleksi PPPK masih menunggu Jutlak dan Juknis.

"Nanti juklak dan juknisnya turun lagi dari kementriean. Yang jelas Provinsi Jambi sudah mengajukan dengan jumlah itu," sebut Henrizal.

Alasan pemprov Jambi tidak mengusulkan penerimaan CPNS karena terkendala aturan pemerintah pusat.

Sebagaimana diketahui, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo sebelumnya pernah menyampaikan bahwa tahun 2022 ini pemerintah meniadakan seleksi CPNS 2022 dan mengutamakan rekrutmen bagi PPPK. Yang mana ini merujuk kepada pengalaman sejumlah negara maju, dimana jumlah PNS lebih sedikit dan jumlah PPPK lebih banyak.

"Usulan dari kita ke pemerintah pusat. Sejak beberapa tahun tidak ada pengangkatan pegawai negeri," katanya.

Sementara itu, untuk anggaran seleksi PPPK nantinya akan menggunakan APBD tahun 2022. "Sudah dianggarkan untuk pelaksanaan PPPK di tahun 2022. Anggaran yang telah disiapkan untuk delapan ribu peserta," sebut Henrizal.

Dari total jumlah diajukan ke kementerian tersebut terdiri dari 116 untuk tenaga guru, 23 tenaga kesehatan dan 11 tenaga administrasi lainnya.

"Kita hanya menunggu teknis pelaksanaan dari pemerintah pusat. Kapan pelaksanaan dan seperti apa mekanisme pelaksanaannya. Yang jelas pemprov Jambi siap untuk melaksanakan penerimaan PPPK," demikian Henrizal.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments