Kamis, 6 Oktober 2022

Perjanjian Masnah dan Apif Terungkap di Persidangan, Janji Kasih Proyek 60 M per Tahun

Kamis, 14 April 2022 | 15:11:13 WIB


Muhammad Imanuddin alias Iim dalam sidang suap ketok palu pengesahaan RAPBD Provinsi Jambi 2018 dan gratifikasi dengan terdakwa Apif Firmansyah
Muhammad Imanuddin alias Iim dalam sidang suap ketok palu pengesahaan RAPBD Provinsi Jambi 2018 dan gratifikasi dengan terdakwa Apif Firmansyah / Istimewa

JAMBI - Majelis hakim bertanya-tanya tentang hubungan Apif Firmansyah dengan bupati Muarojambi Masnah Busro. Ini karena Apif membantu pasangan Masnah Busro - Bambang Bayu Suseno (BBS) di Pilkada Muarojambi 2017 lalu.

Menurut saksi Iim, gubernur menginginkan Masnah menang di Pilkada Muarojambi, karena Masnah didukung oleh Partai Amant Nasional (PAN). "Bukannya Masnah orang Golkar. Enak sekali dikasih partai, dikasih duit lagi, mana ada itu," kata hakim.

Setelah terus ditanya, Iim mengaku ada perjanjian antara Masnah dengan Apif. "Perjanjiannya jika Masnah menang Apif dapat proyek 60 miliar per tahun," beber Iim kepada majelis hakim.

Mendengar keterangan Iim, hakim menanyakan soal perjanjian tersebut. "Dimana perjanjian itu dibuat apakah di notaris," tanya hakim lagi. "Tidak," jawab Iim.

Seperti dakwaan KPK, terdakwa menerima uang sejumlah Rp 5 miliar dari rekanan yang dipergunakan untuk membiayai kampanye pasangan calon bupati Muaro Jambi Masnah dan Bambang Bayu Suseno yang didukung oleh Zumi Zola.

Kemudian atas persetujuan Zumi Zola, pada bulan Februari 2017 uang sejumlah Rp3.3 miliar digunakan untuk pemenangan pasangan Masnah Busro dan Bambang Bayu Suseno yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN). 


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments