Sabtu, 1 Oktober 2022

Baznas Tanjabtim Kucurkan Rp 1,1 Miliar untuk 5.053 Mustahiq

Selasa, 19 April 2022 | 11:27:24 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARASABAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) akan mengucurkan Rp 1,1 miliar untuk bantuan konsumtif dan insentif bagi 5.053 mustahiq.

Kepala Baznas Kabupaten Tanjabtim Syarifuddin mengatakan, 5.053 Mustahiq itu nantinya diberikan di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjabtim. Sehingga, bantuan yang disalurkan setiap bulan suci Ramadan itu, dapat bermanfaat bagi yang menerima.

"Di momen bulan puasa ini, setiap tahunnya Baznas memberikan konsumtif dan insentif kepada mustahiq," katanya, Selasa (19/4).

Dia menjelaskan, bahwa untuk besaran nominal yang akan diterima mustahiq bervariasi, tidak sama. Sementara, rincian jumlah penerima bantuan, yakni sebanyak 934 guru agama, 3.978 PHTT dan 140 orang kategori lain-lain.

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah penerima tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2021 lalu yang hanya berjumlah 4.384 orang," jelasnya.

Syarifuddin juga menerangkan, penyaluran bantuan ini sudah mulai berlangsung sejak Satu Minggu terkahir dan ditargetkan selesai sebelum hari raya Idul Fitri. Beberapa bantuan yang disalurkan tersebut, seperti Rp. 233 juta insentif guru agama, Rp 77 juta konsumtif PHTT kantor Camat, Rp 86 juta konsumtif PHTT Puskesmas, Rp 253 juta konsumtif PHTT Korwil Pendidikan dan Rp 38 juta bantuan sembako.

"Kemudian bantuan konsumtif PHTT KUA, Madrasah Negeri, Madrasah Swasta, Kementerian Agama, Pondok Pesantren serta PHTT di 34 OPD sebesar Rp 458.480.000," terangnya.

Ditambahkannya, untuk tehnis penyaluran bantuan akan dilakukan secara langsung, yakni penerima harus datang langsung ke Kantor Baznas Kabupaten Tanjabtim. Namun, untuk menghindari adanya penumpukan dan kerumunan penyaluran bantuan dilakukan secara bertahap.

"Jadi pembagian akan kita susun dan jadwalkan, agar tidak ada penumpukan," tutupnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments