Minggu, 2 Oktober 2022

Kemenag Sarolangun Tunggu Kepastian Kuota Haji

Minggu, 24 April 2022 | 10:56:32 WIB


Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar
Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar / dokumentasi - Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sarolangun masih menunggu kepastian kuota haji tahun ini dari pemeritah pusat. Begitu juga dengan jadwal keberangkatan calon jemaah haji.

Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar memastikan tahun ini ada pemberangkatan jemaah haji. Namun ia belum belum bisa memastikan berapa banyak jemaah haji asal Sarolangun yang akan diberangkatkan.

"Per provinsi itu belum dibagi kuotanya. Artinya kita belum tau berapa kuota untuk Sarolangun," kata Syatar, Minggu (24/4).

Menurut Syatar, pemberangkatan akan dilakukan dan kini pihaknya masih mengupayakan keseluruhan jemaah Sarolangun diberangkatkan.

"Tinggal lagi kita apakah tercover 100 persen dari 223 orang itu atau ada persentasenya," ujarnya.

Sembari menunggu informasi dari Kementerian Agama tentang jumlah kuota, Syatar mengatakan pihaknya juga akan mempersiapkan pembuatan administrasi jemaah di Sarolangun.

"Pembuatan paspor telah kita siapkan, jadi nanti pas turun kuota kita tinggal berangkat dan secara administrasi telah siap," jelasnya.

Syatar menceritakan, jika dilihat dari jumlah kloter tahun-tahun sebelumnya untuk Provinsi Jambi bisa dibagi lima hingga enam kloter setiap tahunnya.

Kini jika dibagi 50 persen, kemungkinan hanya mencakup dua hingga tiga kloter ditahun 2022 tersebut.

"Yang jelas kita kepada masyarakat yang telah pelunasan keberangkatan, seyogyanya 2020 kemarin berangkat ditunda 2021 sampai 2022 tetap mempersiapkan diri," ungkapnya.

Sambil menunggu kepastian jumlah kuota CJH, pihaknya mengajak untuk mempersiapkan keberangkatan. "Kami juga akan secepatnya memanggil yang bersangkutan untuk mempersiapkan segala sesuatunya tentang keberangkatan," tutupnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments