Minggu, 2 Oktober 2022

Jelang Lebaran, Dinas PUPR Tanjabtim Lakukan Perbaikan Jalan

Senin, 25 April 2022 | 11:01:53 WIB


Jalan rusak di Kabupaten Tanjabtimur
Jalan rusak di Kabupaten Tanjabtimur / Nanang/Metrojambi.com

MUARASABAK - Menjelang lebaran tahun 2022  Dinas PUPR Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) mulai melakukan perbaikan akses ruas jalan yang rusak di beberapa kecamatan. Perbaikan ini dilakukan untuk memperlancar arus mudik jelang lebaran atau saat lebaran nantinya.

Sekretaris Dinas pekerjaan Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Afriboy Candra mengatakan sejak awal puasa dinas PUPR melalui Alkal mulai menangani beberapa ruas jalan rusak milik kabupaten.

"Sejak awal puasa kita sudah mulai melakukan perbaikan di beberapa titik kecamatan terdekat dahulu," kata Afriboy, Senin (25/4).

Dikatakannya,ada beberapa penanganan ruas jalan selain menggunakan anggaran tanggap darurat,ada juga penanganan yang dilakukan melalui CSR perusahaan. Seperti penanganan yang menggunakan CSR jalan Mendahara - Simpangtabu,dan Blok D,kemudian jalan Simbur menuju Simburnaik.

Sedangkan di beberapa kecamatan lain seperti Puding-Rantaurasau, Berbak rasau dan kampung laut menggunakan dana tanggap darurat serta dibantu oleh swadaya masyarakat.

"Dan saat ini semua alat berat tengah bekerja di lokasi masing-masing yang telah di tentukan," ujarnya.

Tidak hanya jalan milik kabupaten,untuk memperlancar arus lalulintas saat lebaran Dinas PUPR juga melakukan perbaikan jalan milik provinsi yang mengalami kerusakan. Karena saat ini kondisi jalan milik provinsi di Kabupaten Tanjabtim banyak mengalami kerusakan.

"Sifatnya kita hanya membantu provinsi dalam penanganan," ujarnya.

Untuk jalan provinsi yang ada di Desa Siau, Dinas PUPR sendiri telah 4 kali melakukan rekon. Namun hasilnya tetap sama selalu terjadi kerusakan. Jika tidak ada kesadaran dari penggunaan jalan tentu kondisi jalan Desa Siau yang merupakan jalan milik provinsi tersebut tetap akan mengalami kerusakan.

"Itulah gambaran nya. Jadi kita berharap kesadaran masyarakat," katanya.

Pihaknya pun berharap dengan adanya penanganan ini masyarakat dapat menjaga kondisi ruas jalan. Sehingga arus lalulintas di wilayah Kabupaten Tanjabtim berjalan lancar.

"Kita minta masyarakat pengguna jalan saling menjaga. Yang tadinya tonase lebih mohon di kurangi dahulu. Karena ini untuk kepentingan masyarakat di wilayah Tanjabtim. Serta kelancaran arus lalulintas jelang lebaran," tandasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments