Sabtu, 2 Juli 2022

Pj Bupati Mengerucut ke Satu Nama, Beredar Nama Aspan, Henrizal dan Bachyuni

Rabu, 11 Mei 2022 | 08:05:28 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI - Para calon penjabat (Pj) kepala daerah di tiga kabupaten dalam Provinsi Jambi mengerucut ke satu nama. Menjelang 22 Mei, para penjabat bupati yang dipilih dari pejabat eselon II Pemprov Jambi itu akan di-SK-kan oleh Mendagri dan segera dilantik.

Sejumlah pejabat daerah yang dihubungi Metro Jambi mengaku sudah mengetahui soal rencana jadwal pelantikan. “Pj bupati mulai masuk pada 23 Mei nanti. Pelantikan kemungkinan dilakukan di Jambi,” ungkap Ketua DPRD Tebo Mazlan, Selasa (10/5).

Selain Tebo, daerah yang kepala daerahnya akan mengakhiri masa jabatan pada Mei 2022 ini adalah Sarolangun dan Muarojambi. Dengan demikian, pasangan Sukandar-Syahlan akan meninggalkan kursi jabatan bupati-wakil bupati Tebo.

Pasangan Cek Endra-Hilalatil Badri akan menanggalkan jabatan bupati-wakil bupati Sarolangun dan pasangan Masnah Busro-Bambang Bayu Suseno akan melepas jabatan bupati-wakil bupati Muarojambi.

Untuk mengisi kekosongan hingga pilkada serentak pada November 2024, Gubernur Al Haris sudah mengusulkan tiga nama Pj untuk masing-masing daerah. Namun, tidak seperti pengusulan Pj sebelum-sebelumnya, pengusulan kali ini terkesan tertutup.

Sumber Metro Jambi di pemerintahan mengungkapkan, nama-nama yang diusulkan Gubernur Al Haris sudah diseleksi oleh Kementerian Dalam Negeri untuk ditetapkan. Kabarnya, dari masing-masing tiga nama sudah mengerucut ke satu nama.

Sumber ini membisikkan, Pj Bupati Tebo kemungkinan dijabat Aspan, Asisten II Setda Provinsi Jambi. Sebelum ditarik ke Pemprov, Aspan adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Merangin ketika Al Haris masih menjabat bupati di daerah itu.

Sedangkan jabatan Pj Bupati Sarolangun akan dipercayakan kepada Henrizal, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jambi. Sebelum ditarik ke Pemprov, putra asal Sarolangun ini menjabat Sekretaris DPRD Tanjab Barat.

Pj Bupati Muarojambi kemungkinan dipercayakan kepada Bachyuni Deliansyah, Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah Provinsi Jambi. Sebelum berkarir di Pemprov Jambi, Bachyuni menjabat Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Muarojambi.

Sumber Metro Jambi juga menyebutkan, bila tidak ada perubahan kebijakan dan kepentingan politik yang mendesak, maka besar kemungkinan nama-nama tersebut akan melenggang mulus ke kursi Pj.

Ketua DPRD Tebo Mazlan menyatakan tidak bisa memastikan apakah jabatan tersebut akan dipercayakan kepada Aspan. Dia hanya berharap agar siapa pun yang ditetapkan sebagai Pj Bupati mampu membawa perubahan untuk Tebo.

Dia mengetahui bahwa nama Aspan digadang-gadang menjadi Pj Bupati Tebo. Hanya saja, “selain Aspan, ada dua nama yang direkomendasikan Gubernur, yaitu Hamdan dan Arif Budiman,” katanya.

Hamdan kini menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi. Sedangkan Arif Budiman menjabat Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi. “Kita belum mengetahui pasti siapa nanti yang dilantik,” tutup Mazlan.

Sekretaris Daerah Sarolangun Endang Abdul Naser juga mengaku belum mengetahui pasti siapa yang akan menggantikan Cek Endra-Hilalatil Badri. “Sampai saat ini kita belum mendapatkan informasi,” katanya, Selasa (10/5).

Namun, Endang telah mengutus Kabag Pemerintahan Setda Sarolangun untuk berkordinasi dengan Biro Pemerintahan Provinsi Jambi untuk menanyakan hal itu.

“Tadi saya perintahkan Kabag Pemerintahan ke Jambi, berkordinasi dengan Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi. Kalau infomasi di luar kalian sudah tau. Tapi kami minta informasi resmi,” ungkapnya.

Karo Pemerintahan Setda Provinsi Jambi Raden Najmi saat dikonfirmasi pun enggan berbicara banyak. Ia tidak membenarkan nama-nama yang beredar tersebut. “Belum ada keputusan. Semua masih berproses di Kementrian,” ujarnya, Selasa (10/5) malam.

Proses di Kementerian Dalam Negeri akan selesai paling lambat pada 22 Mei mendatang. Sebab, pada hari itu jabatan kepala daerah pada tiga kabupaten akan berakhir.

Nama-nama yang beredar sebagai calon Pj adalah para pejabat yang menguasai daerah masing-masing dan dikenal dekat atau biasa bekerja sama dengan Al Haris.

Aspan, misalnya. Salah satu putra terbaik Provinsi Jambi asal Tebo ini dikenal dekat dengan Gubernur sejak Al Haris menjabat bupati Merangin. 

Demikian pula dengan Henrizal. Selain merupakan salah satu putra terbaik Sarolangun, dia adalah kerabat dekat mantan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA). HBA adalah salah satu sosok yang mengkader Al Haris hingga menjadi Gubernur Jambi.

Bachyuni Deliansyah, yang lama menjabat Kepala BPBD Provinsi Jambi, dikenal sangat menguasai Muarojambi karena pernah memegang sejumlah jabatan di daerah itu.

Dia dikenal sebagai sosok yang kooperatif dengan para pimpinan. Bachyuni menjabat di BPBD Provinsi Jambi sejak 2017 hingga saat ini, di bawah empat gubernur, yakni Gubernur Zumi Zola, lalu Fachrori Umar, Pj Gubernur Hari Nur Cahya Murni dan kini Gubernur Al Haris.


Penulis: mrj/mok/chy/rio
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments