Selasa, 28 Juni 2022

Warga Kayuaro Tewas Terbakar Dalam Rumah

Selasa, 17 Mei 2022 | 07:19:23 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Kebakaran tragis terjadi di Kabupaten Kerinci. Kali ini, api melahap sebuah rumah di Desa Kototengah, Kecamatan Kayuaro. Penghuni rumah ikut hangus dan tewas terpanggang api.

Kebakaran terjadi pada Senin (16/5) pagi. Informasi yang didapat Metro Jambi, api mulai terlihat sekitar pukul 8.30 WIB. “Rumah ini dihuni oleh Cik Isar. Dia ikut meninggal terbakar,” ujar Sider, warga Kototengah.

Rumah tersebut diketahui milik Hermendiza (45) yang biasa disapa Cik Isar, yang sehari-hari bekerja sebagai petani.

Kapolsek Kayuaro Iptu Jeki Noviardi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia mengatakan, saat kejadian korban tinggal sendirian di dalam rumah. “Korban sudah dua tahun depresi dan sering temenung,” kata Jeki.

Seorang saksi yang juga keluarga Hermendiza menceritakan, sebelum kejadian dia sempat ke rumah saudaranya itu untuk mengantar makanan. Diakuinya, sejak sekitar dua tahun saudaranya itu tampak seperti stres.

Hermendiza, kata dia, tidak pernah bekerja karena itu dialah yang mengantarkan makanannya setiap hari. Katanya, sehari-hari Cik Isar banyak bermenung.

Pagi itu, setelah mengantar makanan, dia pergi ke sungai untuk mencuci piring bekas makan Cik Isar. Belum sempat dia kembali dari sungai yang hanya berjarak sekitar 100 meter, rumah itu sudah terbakar.

Melihat api berkobar dan mengetahui saudaranya masih di dalam rumah, saksi mata ini berteriak meminta tolong.  “Saksi langsung berteriak, meminta bantu warga memadamkan api,” sebut Kapolsek.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 9.15 WIB,” ungkapnya. Walau api berhasil dipadamkan, rumah yang berada di Dusun Lebukkeluk tersebut tetap ludes. Begitu juga dengan Hermendiza tidak tertolong lagi.

“Penghuni rumah atas nama Hermenza meninggal dunia dalam peristiwa tersebut," jelasnya. “Korban langsung dikebumikan hari ini juga,” tambah Jeki.

Kerugian materil ditaksir sekitar Rp 150 juta.  Dari hasil olah tempat kejadian perkara, dugaan sementara api berasal dari korsleting arus listrik. Kondisi kesehatan Hermendiza yang tidak stabil membuat api leluasa membakar rumahnya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj



comments