Rabu, 6 Juli 2022

Pemkot Sungaipenuh Optimalkan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:59:14 WIB


Wakil Walikota Sungaipenuh, Alvia Santoni.
Wakil Walikota Sungaipenuh, Alvia Santoni. / Istimewa

SUNGAIPENUH - Guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah, Pemerintah Kota Sungaipenuh akan mengoptimalkan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Melalui program Gerakan Bangga Buatan Indonesia, Kota Sungai Penuh akan mendukung penggunaan produk-produk UMKM di daerah," ujar Wakil Walikota Sungaipenuh, Alvia Santoni.

Pria yang akrab disapa Antos itu menjelaskan, melalui afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dilakukan Pemerintah Pusat, Kota Sungaipenuh akan melakukan upaya pendampingan dan peningkatan kualitas UMKM di daerah itu.

Selain itu, afirmasi BBI tersebut diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kualitas serta produk-produk UMKM di daerah.

Pemerintah Kota Sungaipenuh berkomitmen, akan merealisasikan dan mengimplementasikan bersama seluruh perangkat daerah agar memaksimalkan pengadaan barang dan jasa menggunakan produk UMKM.

Melalui upaya ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM dapat meningkat. Sehingga akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Sesuai dengan arahan Presiden, 40 persen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) digunakan untuk belanja produk dalam negeri, sehingga geliat pertumbuhan ekonomi dan pengembangan UMKM dapat dilakukan dengan lebih baik.

Menurut Alvia Santoni, APBD bisa memicu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya di daerah jika seluruh Pemda mengalokasikan dana APBD untuk membeli produk-produk dalam negeri dalam proses pembangunan maupun pengadaan barang dan jasa.

Untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM, maka Pemerintah Daerah diharapkan turut memberikan pendampingan dan pembinaan kepada pelaku UMKM. Seperti melakukan pendampingan terhadap UMKM dalam memasuki dunia digitalisasi.

Melalui digitalisasi UMKM, maka produk-produk UMKM dapat memasuki pasar global dan dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri. "Pendampingan dari Pemerintah Daerah perlu untuk menjaga kualitas produk UMKM," tutupnya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments