Jumat, 1 Juli 2022

Seratus Pelajar di Jambi Ikuti Seleksi Anggota Paskibraka Nasional

Rabu, 18 Mei 2022 | 22:43:15 WIB


/ Metrojambi.com/Diskominfo Provinsi Jambi

 JAMBI - Seratus orang pelajar di Provinsi Jambi mengikuti seleksi nasional Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

"Seleksi anggota Paskibraka Nasional mempunyai arti penting dalam upaya mendapatkan calon anggota yang memiliki sikap tanggung jawab, disiplin, rela berkorban, berdedikasi tinggi serta memiliki akhlak mulia dan berkepribadian baik," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman, Rabu (18/5).

Seleksi anggota Paskibraka Nasional tersebut diikuti oleh pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang berasal dari sebelas kabupaten dan kota di daerah itu. Di antaranya 20 orang dari Kota Jambi dan masing-masing kabupaten mengirimkan delapan orang, yakni dari Kabupaten Tanjungjabung Barat, Tanjungjabung Timur, Muarojambi, Batanghari, Bungo, Tebo, Sarolangun Merangin, Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Seleksi anggota Paskibraka Nasional tersebut dilaksanakan di Hotel Shang Ratu Jambi pada tanggal 17-20 Mei 2022. Selain melakukan seleksi anggota Paskibraka Nasional, juga dilakukan seleksi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jambi.

Nantinya akan dikirim dua orang anggota Paskibraka Nasional perwakilan Provinsi Jambi yang terdiri dari satu orang putra dan satu orang putri. Kemudian juga diseleksi 54 orang anggota Paskibraka Provinsi Jambi.

"Seleksi dilaksanakan oleh pihak-pihak terkait, di antaranya dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jambi, Korem 042 Garuda Putih, Konsultan Psikolog, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi serta pihak terkait lainnya," kata Sudirman.

Sudirman menjelaskan seleksi anggota Paskibraka tersebut merupakan wahana untuk mengingatkan kembali dan meningkatkan pemahaman para peserta tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan. Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa tidak terbentuk secara mendadak dan bukan hanya diciptakan oleh seorang saja.

Namun terbentuknya Pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia.

Harapannya peningkatan pemahaman tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan tersebut mendorong peserta untuk mengamalkan dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Serta berpartisipasi menciptakan harmoni di tengah keberagaman dan mewujudkan Provinsi Jambi sebagai rumah besar bagi keberagaman.


Penulis: ant/chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments