Jumat, 1 Juli 2022

Data Anak Usia Dini, Dinkes Kerinci Libatkan Pemdes dan Kepsek

Rabu, 26 Januari 2022 | 11:20:40 WIB


Ilustrasi vaksinasi anak
Ilustrasi vaksinasi anak / Istimewa/Antara

KERINCI - Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan Kepala Sekolah Dasar (SD), untuk mendapatkan data anak usia 6-11 tahun.

Data ini akan dijadikan acuan pelaksanaan vaksinasi untuk anak nantinya. Sehingga target sasaran vaksinasi yang ditetapkan pemerintah pusat sesuai dengan jumlah data anak yang ada.

"Tim di lapangan terutama bidan desa tengah meminta data anak usia 6-11 tahun ke Pemdes dan Kepala SD yang ada. Ini sebagai acuan kami dalam menetapkan sasaran vaksinasi anak," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kerinci Badri Ahmad, Rabu (26/1/2022).

Badri Ahmad menyebutkan, sejauh ini Pemkab Kerinci belum memulai vaksinasi untuk anak, karena baru mencapai target vaksinasi sebesar 70 persen untuk dosis pertama, yang menjadi syarat agar bisa dilaksanakan vaksinasi untuk anak.

Dinkes Kerinci menargetkan, satu minggu ke depan seluruh  data anak usia 6-11 tahun akan segera terkumpul. Selanjutnya, Dinas Kesehatan menyiapkan jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan serta petugas vaksinator yang akan melakukan vaksinasi.

"Data anak penting bagi kita, untuk memastikan jumlah dosis vaksin yang kita butuhkan nantinya," ungkapnya.

Badri Ahmad mengimbau kepada anak usia 6-11 tahun, untuk jangan takut di vaksinasi, karena vaksin ini aman dan halal.

"Anak-anak yang akan di vaksin juga terlebih dahulu menjalani screening, seperti yang lainnya sebelum menjalani vaksinasi," katanya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments