Rabu, 29 Juni 2022

Pemkab Sarolangun Mulai Operasikan TPA Desa Bukit

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:33:20 WIB


/ Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun mulai mengoperasikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah bernuansa sanitary landfil yang ramah lingkungan di Desa Bukit, Kecamatan Pelawan. Dengan teknologi sanitary landfil, digadang tidak akan mencemari lingkungan yang ada disekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sarolangun Kurniawan mengatakan bahwa TPA yang diberi nama Bukit Baru tersebut kini sudah digunakan.

"Hari ini kami sudah mulai operasikan TPA ini, jadi sampah-sampah hari ini sudah bisa ditumpuk ke situ," kata Kurniawan, Rabu (26/1/2022).

Kurniawan menjelaskan, TPA baru itu memiliki perbedaan dengan TPA sebelumnya, yakni dengan metode buka tutup, bukan hamparan menumpuk dan terbuka.

"Kalau untuk yang sekarang ini, kita hamparkan di dalam tempat yang telah tersedia di dalam land skip nya itu. Lalu akan kita tutup pada ketebalan tertentu dengan tanah supaya bisa menghasilkan gas metan," jelasnya.

Menurut Kurniawan, nantinya sampah yang akan dikeluarkan itu diharapkan dapat menjadi gas metan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Kurniawan mengatakan, kegunaan gas mentan tersebut bisa digunakan untuk pembangkit nan berguna bagi rumah tangga.

"Kalau memang hasilnya baik nanti sekarang kita masih belum tau. Tapi juga membutuhkan waktu lama karena ada proses untuk mendapatkan gas metan itu," ujarnya.

Selain itu, perbedaan lain dari TPA sebelumnya dikatakan Kurniawan mungkin sampah-sampah tersebut tidak gampang berserakan. TPA berteknologi landfil itu disebut cenderung lebih bersih karena sudah memiliki tempat bagi sampah.

"Butuh waktu dan proses karena dia ada proses alam untuk menjadi gas metan hingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tambahnya.

Dengan adanya TPA lebih bagus di Sarolangun, Kurniawan membeberkan kini masih memiliki PR lain dalam hal penanganan sampah didaerah Kabupaten Sarolangun tersebut.

Mulai dari armada angkut, fasilitas Tempat Pembuangan Sementara (TPS) juga dinilai perlu perbaruan untuk menampung volume sampah.

"Mungkin kedepan kita akan memperbaiki itu, dan mengharap juga masyarakat untuk dapat membantu bersama-sama menjaga kebersihan," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments