Rabu, 6 Juli 2022

Kemendagri Serahkan SK Pj Bupati Muarojambi, Tebo, dan Sarolangun

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:52:08 WIB


/

JAMBI -  Kementerian Dalam Negeri sudah menentukan nama-nama penjabat (Pj) bupati tiga daerah di Provinsi Jambi. Surat keputusan (SK) penunjukan Pj yang telah ditandatangani Mendagri Tito Kanavian akan diserahkan malam ini, Jumat (20/5).

Informasi soal penyerahkan SK Pj tersebut diketahui Metrojambi.com dari seorang sumber di kalangan Pemprov Jambi. Sumber ini bahkan meneruskan salinan undangan bertanggal 19 Mei 2022 dari Kemendagri yang ditujukan kepada Gubernur Jambi Al Haris itu.

“Penyerahan dilakukan di Gedung Kemendagri di Jakarta, pukul 20.00 WIB malam ini,” ungkap sumber tersebut. Gubernur Al Haris dikabarkan sudah memerintahkan Asisten I Setda Provinsi Jambi Apani Saharudin untuk menerima SK tersebut.

Dari salinan undangan bernomor T.131/3317/Otda  itu diketahui bahwa penyerahan dilakukan bersamaan dengan pengarahan oleh Sekjen Kemendagri terkait persiapan pelantikan Pj kepala daerah dari 21 provinsi.

Di Provinsi Jambi, ada tiga daerah yang masa jabatan bupatinya akan berakhir pada 22 Mei 2022, yakni Muarojambi, Tebo dan Sarolangun. Sumber lain menyebutkan, komposisi calon kuat Pj di tiga daerah itu belum berubah dari kabar yang beredar belakangan ini.

Walau yang diusulkan sebanyak sembilan nama, calon Pj yang disetujui Gubernur Jambi Al Haris adalah Bachyuni Deliansyah untuk Muarojambi; Aspan untuk Pj Bupati Tebo; dan Henrizal untuk Pj Bupati Sarolangun.

Bachyuni kini menjabat Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah Provinsi Jambi, Aspan menjabat Asisen II Setda Provinsi Jambi dan Henrizal menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jambi. “Kemungkinan besar tiga orang ini yang dilantik,” tutup sumber.

Sejumlah pejabat Pemprov yang juga mengincar kursi Pj di tiga daerah tersebut dikabarkan terus bermanuver dan melakukan lobi-lobi di Kemendagri.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi Raden Najmi saat dikonfirmasi menyatakan tidak mengetahui adanya penyerahan SK Pj bupati tiga daerah malam ini. “Tidak. Kata siapa? Belum,” sebutnya.

Karena itu, dia menyatakan pelantikan juga belum bisa dipastikan apalagi nama-nama pejabat yang akan dilantik sebagai Pj. “Tunggu saja. Masih menunggu yang tidak pasti,” katanya.


Penulis: mrj/chy
Editor: Joni Rizal


TAGS:


comments