Sabtu, 1 Oktober 2022

Warga Sarolangun Untung Jutaan Rupiah dari Menjual Senjata Api Rakitan

Jumat, 20 Mei 2022 | 22:13:31 WIB


/ Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Satreskrom) Polres Sarolangun mengamankan seorang penjual senjata api rakitan berinisial ERF (27) di Desa Tanjungrambai, Kecamatan Sarolangun.

ERF diciduk aparat kepolisian setelah pengiriman paket sepucuk senjata api miliknya itu diketahui oleh pihak jasa pengiriman barang.

Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono menceritakan, awalnya seorang saksi membawa 74 karung paket dari gudang pengiriman menuju Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Saat pengecekan di sinar x-tra, dalam satu karung tersebut berisi benda mencurigakan dan setelah di cek didalamnya berisi sepucuk revolver dan dilakukan kordinasi," kata Anggun, Jumat (20/5).

Petugas yang mendapati informasi tersebut pun langsung melakukan penyelidikan. Dipimpin KBO Reskrim bersama tim Opsnal dan unit intel melakukan pengembangan sehingga diamankan ERF.

Kapolres mengatakan, dari tangan ERF petugas juga mendapati sepucuk senjata api lain jenis kaliber 22 lengkap bersama magazine dan jumlah peluru dua buah.

"Yang bersangkutan mengaku mendapat senjata api dari Bekasi melalui teman-teman di Jakarta. Kita akan melakukan pengembangan termasuk penerima paket yang beralamat di Bekasi," ujar Kapolres.

Akibat perbuatannya ERF dijerat dengan pasal 1 ayat (1) undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman pidana penjara paling lama 20 tahun.

Sementara itu, berdasarkan pengakuan ERF ia telah beberapa kali melakukan penjualan dengan jasa pengiriman paket. ERF mengaku mendapatkan untung jutaan rupiah.

"Sudah tiga kali. Yang pertama ngirim ke daerah Semarang. Senjatanya beli 16 jutaan, dijual 20 juta," ungkapnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments