Kamis, 11 Agustus 2022

Komisi II Minta Disperindag Selesaikan Sejumlah Persoalan

Selasa, 10 Mei 2022 | 12:06:21 WIB


/ Istimewa

JAMBI - Komisi II DPRD Kota Jambi melakukan rapat dengar pendapat dengan Disperindag Kota Jambi, Selasa (10/5).

Hal itu dilakukan karena dinilai Disperindag Kota Jambi memiliki peran strategis untuk membangkitkan perekonomian apalagi di Kota Jambi.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Jambi, Joni Ismed mengatakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi perannya sangat besar untuk hajat hidup masyarakat Kota Jambi.

Mengurus soal aktivitas pasar dan sarana prasarananya, membangkitkan ekonomi kerakyatan, terutama kelas menegah dan bawah, fokus utk memberikan bantuan sarana, bimbingan, membantu secaa maksimal hingga ekonomi rakyat bisa bangkit.

“Kita mengetahui bagaimana kondisi masyarakat dilapangan, maka dari itu Disperindag ini kita panggil untuk mengatasi persoalan dilapangan, masyarakat semua mengadunya ke kita (dewan, red),” ujarnya.

Setelah melakukan diskusi dan memberikan masukan, maka dari itu kami meminta Disperindag Kota Jambi untuk menyelesaikan beberapa persoalan.

Yakni yang pertama, untuk menata ulang Pasar Induk Talang Gulo, menertibkan hingga aktivitas pasar tidak bercampur denga aktivitas terminal, dan menyiapkan sarana dan sarana yang layak.

"Kedua,  menghidupkan pasar pelayangan Sekoja dengan memanfaatkan pasar tersbut untuk aktivitas ekonomi rakyat," katanya.

Ketiga, Pasar Talang Banjar harus direhab total, jadi pasar tradisional modern dengan segala fasilitas yang layak hingga konsumen dan pedagang merasa nyaman, aman dan tertib, hingga tida ada lagi pasar di pinggir jalan.

"Keempat, memetakan kembali UMKM yang berdampak pandemi dan segera melakukan langkah-pangkah strategis untuk bangkitnya ekonomi kelas bawah. Kelima, mengendalikan harga sembako di tengah rakyat. Keenam, mengawasi distribusi gas 3 kg, kembali buat kartu kendali, dan penyaluran gas tersebut tepat sasaran," jelasnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments