Rabu, 6 Juli 2022

Peralihan Musim, BMKG Kerinci Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:42:31 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh diminta untuk mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kepala BMKG Kerinci Kurnianingsih, Rabu (25/5) mengatakan, saat ini masih dalam musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Sehingga, perlu adanya kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

"Untuk tiga hari ke depan diprediksi masih akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, kadangkala disertai petir di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh," kata Kurnianingsih.

Ditambahkannya, musim kemarau di Kerinci dan Sungaipenuh di mulai pada Mei dasarian ke III atau akhir Mei. "Musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan. Hujan masih akan turun namun intensitas nya ringan dan frekuensinya sedikit," jelasnya.

Sementara itu berdasarkan rilis BMKG Kerinci update peringatan dini cuaca tanggal 25 Mei 2022 pukul 05:30 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 06:00 WIB, di wilayah Kabupaten Kerinci diantaranya Gunung Raya, Danau Kerinci, Air Hangat, Batang Merangin, Air Hangat Timur.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments