Senin, 15 Agustus 2022

Proyek Drainase Sanggaran Agung - Pentangen Baru Dibangun Diduga Cacat Mutu

Rabu, 08 Juni 2022 | 13:17:43 WIB


/

KERINCI - Lagi, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kerinci kembali menjadi sorotan. Kali ini proyek pembangunan saluran drainase sepanjang jalan nasional yang menghubungkan desa Pendung Talang Genting ke Desa Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci.

Pelaksanaan proyek yang kabarnya dikelola oleh pihak PPK 2.5 Balai Pelaksana Jalan Nasional Melalui Program Padat Karya Tunai (PKT) Tahun Anggaran 2022 diduga asal jadi. Bahkan tidak sedikit pihak yang beranggapan bahwa proyek tersebut cacat mutu.

Hal ini dikarenakan pelaksanaan pembangunan drainase yang dilaksanakan tanpa adanya galian pondasi terlebih dahulu, sehingga mutu dan ketahanan dari bangunan drainase diragukan.

Alfen, salah seorang warga Danau Kerinci sangat menyanyangkan adanya proyek drainase di sepanjang jalan Sanggaran Agung menuju Pentangen yang dibangun tidak digali pondasinya. "Kita ragu dengan kualitas drainase tersebut, jika tidak digali pondasi drainase tidak akan bertahan lama," sebutnya.

Alfen menyebutkan drainase tersebut memang bermanfaat, terutama dalam mengatasi banjir luapan Danau Kerinci, namun jika pembangunan asal - asalan seperti itu, nanti masyarakat juga yang dirugikan.

"Takutnya proyek ini akan berakhir dengan sia-sia, bukannya membantu malah ambruk pas terkena air. Kita minta pengawas dan Pemerintahan Daerah untuk mengevaluasi dan dibangun ulang," katanya. 


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments