Senin, 15 Agustus 2022

Zumi Zola: Soal Uang Saya Minta Satu Pintu, Hanya Lewat Apif

Kamis, 09 Juni 2022 | 11:08:42 WIB


Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola
Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola / dok/Metrojambi.com

JAMBI - Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola hadir sebagai saksi untuk kasus suap dan gratifikasi dengan terdakwa Apif Firmansyah, mantan orang dekatnya. Zola tidak hadir langsung ke ruang sidang, ia memberikan kesaksian secara daring.

Zola mengaku tidak pernah berhubungan langsung dengan mantan Kadis PU Provinsi Jambi Doddy Irawan dan pengusaha Muhammad Imanuddin alias Iim soal uang. Dikatakan Zola, ia ingin satu pintu yaitu lewat Apif.

Baca juga : BBS Akui Ada Bantuan dari Terdakwa Apif Saat Maju di Pilkada Muarojambi Bersama Masnah Busro

"Saya hanya minta satu pintu," kata Zola dalam persidangan, Kamis (9/6).

Soal Zumi Laza, adiknya yang saat itu akan mencalonkan diri sebagai Walikota Jambi, Zola mengaku adalah rencana orangtuanya, almarhum Zulkifli Nurdin.

Baca juga : Zumi Laza Akui Terima Uang dari Apif Firmansyah

Tapi, kata dia, saat itu belum ada deklarasi apapun. "Tapi belum ada deklarasi, baru sebatas sosialisasi saja," kata Zola yang mengaku ada bantuan salah satunya pembelian mobil ambulance.

Sementara soal Apif, Zola mengaku ada kegiatannya yang diurus oleh Apif, seperti berangkat umroh bersama keluarga, buka bersama, dan pembelian sapi qurban dan lainnya.

Baca juga : Beri Uang ke Doddy, Jaksa Sebut Mael Dapat Lima Paket Proyek Jalan di Bungo

"Kalau buka bersama dengan masyarakat saya kira dibayar oleh Pemprov. Saya tau pas penyidikan ternyata dibayar oleh Apif," kata Zola kepada jaksa KPK dalam persidangan.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments