Jumat, 9 Desember 2022

Pemprov Jambi Kembangkan Pelabuhan Samudera Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Senin, 13 Juni 2022 | 22:05:25 WIB


Gubernur Jambi Al Haris
Gubernur Jambi Al Haris / dokumentasi - Metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi mengembangkan pelabuhan Ujung Jabung yang berhadapan dengan Selat Malaka dan Laut China guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"Pemerintah Provinsi Jambi saat ini tengah mengembangkan pelabuhan samudera yaitu Pelabuhan Ujung Jabung yang nantinya berguna untuk kegiatan keluar masuk arus barang dari Provinsi Jambi ke daerah lain bahkan ke negara lain," kata Gubernur Jambi Al Haris, Senin (13/6).

Al Haris menjelaskan, pelabuhan tersebut sedang dalam proses pembangunan oleh Kementerian Perhubungan. Pemerintah Provinsi Jambi mengharapkan pembangunan pelabuhan tersebut dapat selesai dan operasional dalam beberapa tahun mendatang.

Melalui pembangunan infrastruktur pelabuhan tersebut di harapkan dapat memberikan pengaruh terhadap tumbuhnya pusat-pusat kegiatan dan kawasan ekonomi baru di Provinsi Jambi.

Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung tersebut sejalan dengan beberapa kegiatan proyek strategis nasional di wilayah Provinsi Jambi. Diantaranya pembangunan ruas jalan tol Trans Sumatera di wilayah Jambi yang saat ini telah dilakukan penetapan lokasi oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan pembebasan lahan oleh Kementerian PUPR, serta pengembangan kawasan industri Kemingking.

"Dengan semakin terbuka-nya daerah yang terhubung dengan pusat-pusat kegiatan tersebut, pada akhirnya dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan investasi di Provinsi Jambi," kata Al Haris.

Selain itu Al Haris turut mengapresiasi keterlibatan pihak swasta dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, seperti yang dilakukan PT Surya Global Makmur yang baru saja meresmikan pelabuhan di Sungai Batanghari di Desa Teluk Jambi, Kabupaten Muarojambi.

Menurut Al Haris, hadirnya pelabuhan tersebut memiliki makna strategis dalam upaya memperkuat infrastruktur di Provinsi Jambi. Karena dengan adanya pelabuhan itu dapat lebih meningkatkan konektivitas antar suatu daerah.

"Provinsi Jambi memiliki banyak potensi sumber daya alam dan hasil komoditas perkebunan dan pertanian yang cukup besar, dengan kondisi tersebut tentunya memerlukan suatu outlet menuju daerah tujuan, baik melalui jalur darat maupun jalur air," kata Al Haris.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments