Sabtu, 13 Agustus 2022

Perusahaan di Sarolangun Diingatkan Segera Bayarkan THR Karyawan

Selasa, 26 April 2022 | 08:43:03 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 SAROLANGUN - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sarolangun telah mengeluarkan ketentuan agar perusahaan mengeluarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya.

Berdasarkan surat edaran Bupati Sarolangun, THR tersebut, paling lambat sudah harus dibayarkan pengusaha pada H-7 sebelum lebaran.

Kepala Disnakertrans Sarolangun Sakwan mengingatkan kepada perusahaan agar memberikan THR keagamaan untuk buruh dan pekerja sesuai ketentuan.

"THR Keagamaan diberikan kepada pekerja buruh yang telah mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih. Kemudian yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu," ujarnya, Selasa (26/4).

Menurutnya, yang telah mempunyai masa kerja dua belas bulan secara terus menerus atau lebih harus diberikan THR sebesar satu bulan upah.

Sedangkan karyawan yang baru menempuh masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari dua belas bulan itu diberikan secara proporsional sesuai perhitungan masa kerja dikali satu bulan upah dua belas bulan.

"Bagi perusahaan yang menetapkan besaran nilai THR Keagamaan dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama, atau kebiasaan yang telah dilakukan lebih besar dari nilai THR Keagamaan, maka THR dibayarkan sesuai perjanjian kerja sama," jelasnya.

Sakwan mengungkapkan, sesuai edaran Bupati, dalam rangka mengantisipasi arus mudik lebaran, maka bagi perusahaan yang selama ini menyediakan angkutan mudik lebaran bagi pekerja buruh setiap tahun dihimbau meneruskan tradisi tersebut.

"Bagi perusahaan yang selama ini belum dapat menyediakan angkutan mudik lebaran bagi pekerja buruh di harapkan dapat menyediakan sesuai kemampuan perusahaan," tutupnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments