Kamis, 11 Agustus 2022

Mantan Direktur RSUD Kolonel Abundjani Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi

Selasa, 24 Mei 2022 | 08:48:29 WIB


/ ist

 JAMBI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Merangin menetapkan mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonel Abunjani Bangko Berman Siragih (BS) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pada jasa kebersihan tahun 2017 Sampai 2021 senilai Rp 648 juta.

Selain Berman, tersangka lain yang ditetapkan yakni Peby Yonaka (PY) selaku pelaksana kegiatan atau pihak ketiga pada kegiatan jasa kebersihan.

Penatapan dua tersangka ini langsung diumumkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Merangin R.R Theresia Tri Widorini, didampingi Kasi Intelijen Moch. Taufik Yanuarsyah beserta Kasi Pidsus Arliansyah.

“Kejari Merangin telah menetapkan dua tersangka dugaan Korupsi terkait jasa Kebersihan RSUD Kolonel Abunjani Bangko. Tersangka yaitu atas nama Berman Saragih (BS) dan Peby Yonaka (PY),” kata Kajari dalam pres rilisnya, Senin (23/5).

Dijelaskan Kajari, dalam kasus ini Berman Seragih sebagai Pengguna Anggaran pada kegiatan jasa Kebersihan tahun 2017 Sampai 2021, dan Peby Yonaka selaku pelaksana kegiatan atau pihak ketiga pada kegiatan tersebut.

Berdasarkan hasil penyelidikan dari Bidang Tindak Pidana Khusus Kejari Merangin, ditemukan kerugian Negara sebesar Rp 648.965.614,00.

“Kedua tersangka diduga melaksanakan kegiatan tidak sesuai kontrak. Pasalnya dalam penyelidikan ditemukan jumlah tenaga kerja dan jumlah bahan kebersihan tidak sesuai dengan yang tertera dalam kontrak, sehingga ditemukan jumlah nilai pembayaran lebih besar dari nilai pekerjaan sebenarnya,” pungkas Kajari.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments