Kamis, 11 Agustus 2022

Disdukcapil Sarolangun Belum Pastikan Jumlah Penambahan Penduduk

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:40:12 WIB


Ridwan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Sarolangun
Ridwan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Sarolangun / Istimewa

SAROLANGUN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sarolangun masih belum memastikan jumlah penambahan penduduk.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sarolangun Ridwan mengatakan, untuk perekapan jumlah penambahan penduduk akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Untuk data penduduk kita insyaallah dalam bulan Juli nanti keluar, kalau data ditahun 2021 kemarin 283.153 jiwa," kata Ridwan, Selasa (28/6).

Ridwan menjelaskan, hingga kini pihaknya masih belum bisa membeberkan langsung secara gamblang jumlah penambahan penduduk di Sarolangun.

"Kalau persentase penambahan saya belum bisa memastikan berapa tambahan, yang jelas saat ini kita giat turun melakukan kegiatan jemput bola," katanya.

Lebih lanjut, Disdukcapil Sarolangun dikatakan Ridwan hampir rata-rata tiga kali perminggunya menghampiri masyarakat melakukan perekaman e-KTP.

"Jadi kegiatan kita itu mulai dari perekaman KTP, KK dan akta kelahiran, pindah datang dan segala macam," jelasnya.

Selain itu, untuk percepatan penambahan penduduk Sarolangun. Pihaknya juga mengejar melalui pembuatan akte kelahiran.

Dengan adanya penambahan masyarakat yang terdata di Disdukcapil Sarolangun, otomatis maka jumlah penduduk akan langsung bertambah.

"Kemudian pertambahan jumlah datang, karena penduduk kita banyak yang tinggal dipelosok itu belum punya data atau belum terdaftar di Dukcapil," ungkapnya.

Sementara itu, diakui Ridwan untuk penambahan jumlah penduduk paling banyak berada di perpindahan KTP Sarolangun.

"Penduduk kita ini banyak yang sudah lama di Sarolangun dan beranak pinak namun KTPnya belum di Sarolangun," pungkasnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments