Minggu, 14 Agustus 2022

Pengurus MKKS SMK Minta Gubernur Jambi Berikan Perhatian Terkait PPDB

Jumat, 01 Juli 2022 | 14:11:40 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Provinsi Jambi tahun pelajaran 2022/2023 telah berlangsung sesuai Keputusan Gubernur Jambi Nomor 438/KEP.GUB/DISDIK-3.3/2022 tentang Penetapan Daya Tampung Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan dalam Provinsi Jambi tahun pelajaran 2022/2023.

Sesuai Ketentuan tersebut, PPDB SMA/SMK negeri di Provinsi Jambi ditutup pada Rabu 29 Juni 2022, dan hasilnya akan diumumkan pada Sabtu 2 Juli 2022.

Namun demikian, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Jambi merasa sangat janggal dan berpeluang menodai kebijakan PPDB SMA SMK Negeri Provinsi Jambi tahun pelajaran 2022/2023 yang dicanangkan sebagai PPDB yang transparan dan bermartabat.

Kejanggalan tersebut dimulai dengan adanya pemberitahuan melalui Grup WhatsApp Ketua PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Jambi pada tanggal 30 Juni 2022 yang menyatakan bahwa setelah pengumuman PPDB tingkat SMA-SMK di Provinsi Jambi pada tanggal 2 Juli 2022, sekolah negeri yang belum memenuhi kuota PPDB dapat mengajukan surat permohonan pemenuhan kuota kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk membuka PPDB tambahan.

"Dengan ini kami menyampaikan keberatan atas rencana kebijakan tersebut, karena akan menutup peluang SMK swasta di Kota Jambi untuk mendapatkan peserta didik, mengingat sampai dengan hari ini, Jumat 1 Juli 2022 masih ada SMK swasta di Kota Jambi yang belum memenuhi kuota yang cukup untuk melanjutkan operasional sekolah, dan bahkan ada sekolah yang belum mendapatkan peserta didik baru Tahun Pelajaran 2022/2023," kata pengurus MKKS SMK Kota Jambi, Arvandi.

Oleh karena itu, pengurus MKKS SMK Kota Jambi berharap dan memohon agar Gubernur Jambi berkenan memberikan perhatian dan perlindungan atas keberlangsungan hidup dan operasional SMK swasta yang ada di Kota Jambi.

"Sumbangsih dan partisipasi SMK Swasta di Kota Jambi bagi pembangunan sumber daya manusia di Provinsi Jambi tidaklah dapat dipandang sebelah mata," tandasnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments