Senin, 15 Agustus 2022

Calon Pengantin di Jambi Wajib Tahu Cara Cegah Stunting

Sabtu, 02 Juli 2022 | 10:02:17 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI - Para calon pengantin atau calon pasangan usia subur di Provinsi Jambi wajib mengetahui cara dan  langkah mencegah stunting untuk menekan angka kekerdilan pada anak di daerah itu.

"Pencegahan stunting harus dimulai dari sebelum perkawinan, calon pengantin atau calon pasangan usia subur harus mengetahui apa itu stunting dan cara pencegahannya," kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jambi, Munawar Ibrahim, Sabtu (2/7).

Pencegahan stunting juga dilakukan dalam 1.000 hari pertama kehidupan. Hal itu menunjukkan pentingnya peran keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat dalam pengentasan stunting.

Munawar menyebutkan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022, adalah momentum yang tepat pengentasan stunting.

Pihaknya langsung mengkampanyekan serta menyebarluaskan informasi apa itu stunting dan ada apa dampak yang timbul.

Peringatan Harganas yang digelar di lapangan Kantor BKKBN Jambi itu, dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husairi, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris dan Sekretaris BKKBN Jambi, Yudi Hendra Musrizal serta undangan lainnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Provinsi Jambi, Husairi dalam kesempatan itu mengatakan upaya percepatan penurunan stunting menjadi salah satu prioritas dari pemerintah pusat yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2022-2024.

Sesuai amanat yang tertuang dalam peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, berdasarkan Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) tahun 2021 melaporkan bahwa prevalensi stunting di Provinsi Jambi sebesar 21,03 persen.

Tingginya angka stunting saat ini, kata Husairi, membuat semua pihak harus bekerja lebih keras lagi dalam menuntaskan masalah tersebut, karena sesuai dengan target bahwa pada tahun 2024 mendatang angka stunting harus turun menjadi 14 persen.

"Pemerintah provinsi mengapresiasi kinerja BKKBN Provinsi Jambi dan kami juga mendukung seluruh kegiatan dari BKKBN, dalam mengatasi stunting baik di Provinsi Jambi,” kata Husairi.

Sementara Sekretaris BKKBN Provinsi Jambi, Yudi Musrizal menjelaskan Harganas tahun ini menjadi momentum dalam rangka menurunkan angka stunting pada anak di seluruh wilayah di Jambi.

Pada peringatan Harganas di BKKBN Jambi, juga dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan, yang diawali senam pagi, dilanjutkan dengan lomba dan pembagian hadiah.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments