Sabtu, 4 Februari 2023

Komnas HAM Temukan Bukti Baru, Kekasih Brigadir Yosua Hutabarat Batal Minta Perlindungan LPSK

Selasa, 02 Agustus 2022 | 07:17:31 WIB


/ Metrojambi.com

JAMBI - Rencana Vera Simanjuntak, kekasih Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, meminta perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akhirnya batal. Ada persyaratan yang tidak mampu dipenuhi oleh keluarga.

Batalnya rencana itu diungkapkan oleh kuasa hukum Vera, Ramos Hutabarat, Senin (1/8). Ramos mengatakan, Vera batal meminta perlindungan LPSK setelah mempertimbangkan beberapa hal.

Baca versi cetaknya disini

Diakui Ramos, awalnya memang ada permintaan keluarga agar Vera mendapatkan perlindungan LPSK. Para kuasa hukum lalu menyampaikan sejumlah syarat dan teknis perlindungan di LPSK. 

Katanya, ada syarat yang sangat memberatkan pihak keluarga. Salah satunya keharusan membawa Vera ke tempat aman yang pihak keluarga sekali pun tidak bisa menghubunginya bila mana dia menerima ancaman.

Baca juga : Kekasih Brigadir Yosua Batal Minta Perlindungan LPSK, Ini Penjelasan Kuasa Hukum

" Ini yang menjadi keberatan pihak keluarga," ungkapnya.

Sementara itu, dari Jakarta dilaporkan bahwa Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendapatkan bukti tambahan kasus kematian Brigadir Yosua. Bukti tambahan itu adalah hasil tes usap PCR di rumah pribadi Irjen Polisi Ferdy Sambo.

" Artinya, sudah ada hasil PCR yang dilakukan di rumah yang beralamat di Jalan Saguling," kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, kepada media, Senin (1/8).

Baca juga : Tim Khusus Periksa Petugas PCR dan Sopir Irjen Ferdy Sambo

Beka menyampaikan itu usai Komnas Ham memeriksa seorang ajudan dan asisten rumah tangga Ferdy Sambo. Pemeriksaan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan baru selesai sekitar pukul 17.15 WIB.

Awalnya, Komnas HAM juga akan menggali informasi dari petugas kesehatan yang melakukan tes usap PCR di kediaman pribadi Irjen Pol Ferdy Sambo. Namun, kata Beka, tenaga kesehatan tersebut tidak hadir.


Penulis: Ichsan/ant
Editor: Joni Rizal



comments