Selasa, 31 Januari 2023

Balai POM Jambi Awasi Jajanan di Kantin Sekolah

Minggu, 07 Agustus 2022 | 15:48:42 WIB


Fuani Farid
Fuani Farid / Metrojambi.com

 JAMBI - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jambi terus melakukan pengawasan terhadap jajanan yang dijual di sekolah, apalagi saat ini para siswa telah melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen.

Plt Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) Jambi Fuani Farid mengatakan, Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas pendidikan Kota Jambi agar melibatkan Balai POM untuk persiapan kantin sekolah.

"Karena siswa belajar pertemuan tatap muka 100 persen, otomatis kantin juga sudah beroperasi sebagaimana mestinya. Cuma ada perbedaan dari yang dulu sebelum pandemi, gimana anak-anak sekarang diharuskan untuk membawa tempat makan sendiri, jadi kantin tidak menyediakan tempat makan," katanya, Minggu (7/8/2022).

Sebelum pembelajaran tarap muka sekolah dimulai, Balai POM juga diikutkan untuk simulasi mengunjungi beberapa sekolah, terutama kepada kepada penjaga kantinnya dan memberikan arahan bagaimana yang baiknya menjaga higienis makanan.

"Selain itu, kita Balai POM Jambi punya program untuk bimtek itu kepada guru-guru sekolah atau penanggung jawab UKS dan menanggung jawaban kantin. Itu juga sudah kita lakukan kalau di bulan Mei kemarin sebanyak 51 peserta," ujarnya.

"Kita juga sudah lakukan mengambil sampel di kantin-kantin sekolah. Dan sudah kita lakukan pengujian dan alhamdulillah sih sejauh ini tidak ada yang mengandung bahan berbahaya yang biasanya boraks formalin atau metani yellow," tutupnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments