Kamis, 6 Oktober 2022

Pileg 14 Februari, Pilkada 27 November

Pemerintah-KPU dan DPR Sepakati Pemilu Serentak 2024

Selasa, 25 Januari 2022 | 06:55:04 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI - Komisi II DPR RI bersama pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum menyepakati pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dilaksanakan pada 27 November 2024. Sedangkan pileg dan pilpres disepakati digelar pada 14 Februari 2024.

Kesepakatan ini diambil dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Bawaslu RI dan DKPP RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/1).

Anggota KPU Provinsi Jambi Apnizal mengatakan, untuk hari dan tanggal pencoblosannya sepertinya sudah positif. Tapi, kata dia, untuk proses atau tahapan pemilunya masih akan disusun lagi.

“Nanti akan dituangkan dalam Peraturan KPU (PKPU) dan undang-undang,” katanya.

Meski hari dan tanggal pemilu 2024 sudah ditentukan, lanjut Apnizal, KPU selaku penyelenggara belum bisa melaksanakan tahapan. KPU baru mulai menyusun anggaran. “Tahapan itu paling lambat 20 bulan sebelum hari H,” kata Apnizal.

Setelah PKPU keluar, lanjut Apnizal, maka tahapan yang akan dilakukan dimulai dengan verifikasi adiministrasi dan faktual terhadap partai peserta pemilu 2024 sesuai dengan undang-undang.

“Bagi partai politik yang mencapai perleement threshold, tidak dilakukan verfikasi faktual, hanya administrasi saja. Tapi ini akan dilakukan setelah PKPU keluar,” tukas Apnizal.

Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jambi juga akan melihat tahapan yang akan disusun oleh KPU. “Kita juga menunggu PKPU tentan tahapan dan jadwal, kalau itu sudah ada baru kita melakukan pengawasan,” kata anggota Bawaslu Fahrul Rozi.

Namun secara prinsip, tegas Paul-panggilan Fahrul Rozi, Bawaslu siap melaksanakan tugas pengawasannya. “Yang jelas kita siap melakukan tugas-tugas pengawasan, jadi kita menunggu tahapan dari PKPU,” tegas Paul.


Penulis: ria
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments