Kamis, 6 Oktober 2022

DPRD Kota Jambi Minta Pedagang Jangan Ambil Untung Banyak

Senin, 27 Juni 2022 | 15:19:14 WIB


Sutiono, anggota Komisi II DPRD Kota Jambi
Sutiono, anggota Komisi II DPRD Kota Jambi / Istimewa

JAMBI - DPRD Kota Jambi meminta distributor, agen, dan pedagang tidak mengambil untung terlalu besar terkait melonjaknya harga sejumlah komoditi di pasaran, salah satunya cabai. Hal ini disampaikan oleh Sutiono, anggota Komisi II DPRD Kota Jambi.

Ia berharap kepada pedagang agar mengambil keuntungan sewajarnya. Pesan tersebut juga disampaikan untuk distributor dan agen. "Ngambil untung boleh, tapi jangan terlalu banyak, relatif saja," kata Sutiono, Senin (27/6).

Dikatakannya lagi, tidak mengambil untung terlalu banyak dalam artian agar semua dapat menikmati barang yang didistribusikan, baik itu distributor, agen, pedagang, dan masyarakat sama-sama bisa menikmati.

Sutiono berharap agar peran negara, dalam hal ini pemerintah daerah sebagai pengawas hadir untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. "Fungsi pengawasan pemerintah harus hadir, negara harus hadir, untuk menstabilkan harga," tegasnya.

Pedagang juga menyampaikan keluhan naiknya harga kebutuhan pokok di antaranya cabai, bawang, dan minyak goreng. Akibat naiknya harga daya beli masyarakat disampaikan pedagang ikut menurun.

Menurut Rico, pedagang cabai dan bawang di Pasar Pasir Putih, cabai dan bawang harganya sudah baik sekitar sebulan lebih.

"Dari agen harga sudah tinggi, kita menjual pedagang menjual di harga kisaran Rp 85.000-90.000 ribu, banyak pembeli mengeluh harga mahal, bawa duit 100 dak cukup untuk beli kebutuhan sehari-hari," ujarnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments