Senin, 3 Oktober 2022

Pemprov Jambi Berencana Jadikan Eks Arena MTQ Objek Wisata Seperti TMII

Kamis, 11 Agustus 2022 | 20:57:02 WIB


Eks Arena MTQ Taman Rimba Kota Jambi
Eks Arena MTQ Taman Rimba Kota Jambi / Metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi berencana menjadikan eks arena MTQ Taman Rimba, Kota Jambi menjadi objek Wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Arif Budiman menjelaskan, eks arena MTQ akan dijadikan objek wisata, Islamic Center, hingga venue Seleksi Tilawah Quran dan Hadist (STQH).

Arif menambahkan, pemerintah kabupaten/kota juga diminta untuk memperbaiki rumah adat daerah masing-masing yang ada di eks arena MTQ Taman Rimba.

Sementara itu, bagi kabupaten/kota yang belum memiliki rumah adat di eks arena MTQ Taman Rimba, agar menganggarkan dana untuk pembangunannya.

"Nanti pemerintah provinsi akan menyiapkan tanah sebagai lokasi pembangunannya," kata Arif, Kamis (11/8/2022).

Arif menyebutkan, daerah yang belum membangun rumah adat di eks arena MTQ Taman Rimba yakni Kabupaten Sarolangun, Muarojambi, Tanjab Timur, Tebo, dan Kota Sungaipenuh.

"Bagi daerah yang belum punya rumah adat di kawasan tersebut agar dapat menyediakan anggaran pembangunannya, dan yang sudah ada agar dapat melakukan perbaikan karena asetnya milik mereka," ujar Arif.

Untuk pengelolaan nantinya akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dengan kabupaten/kota juga menempatkan perwakilan untuk mengelola kawasan tersebut.

"Konsepnya nanti akan seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dimana dijadikan objek wisata sekaligus penggenalan budaya Jambi melalui bangunan rumah adat dan yang lainnya," jelasnya.

Ditambahkan Arif, diharapkan tahun depan, dengan terealisasinya kawasan baru ini dapat meningkatkan kunjungan ke Jambi. "Dan berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat," tandasnya.


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments