Senin, 3 Oktober 2022

Pemprov Jambi Tunggu Usulan Gelar Pahlawan Nasional dari Kabupaten/Kota

Senin, 15 Agustus 2022 | 09:34:35 WIB


Arief Munandar
Arief Munandar / dokumentasi - Metrojambi.com

JAMBI - Setelah Raden Mattaher ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2020 lalu, pada tahun 2023 mendatang Pemerintah Provinsi Jambi akan kembali mengusulkan pemberian gelar pahlawan kepada Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi Arief Munandar mengatakan, setidaknya tahun 2023 ada kemungkinan pahlawan kembali diusulkan.

Dia mengatakan, proses pengusulan calon pahlawan nasional ditentukan oleh tim penganugerahan gelar pahlawan. Tim ini akan bekerja mencari informasi apa saja yang ada pada nama yang diusulkan mendapat gelar pahlawan nasional.

"Nanti tim itu bekerja atas usulan dari pemerintah kabupaten/kota. Jadi usulan pahlawan nasional itu bisa dari pemerintah daerah, bisa dari keluarga bisa dari kelompok masyarakat," kata Arief, Senin (15/8/2022).

Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Sosial baru mendapatkan usulan satu orang dari Kabupaten Merangin, yaitu Abunjani.

"Kita masih menunggu kabupaten/kota lainnya. Seperti Depati Parbo, kita meminta Kabupaten Kerinci atau lainnya silakan untuk mengusulkan gelar pahlawan nasional. Cuman syaratnya paling berat itu adalah bahwa yang bersangkutan itu berjuang tidak hanya berjuang di Jambi saja, dia harus berjuang di wilayah antar Provinsi. Itu baru akan dapat gelar pahlawan," beber Arief.

Dikatakannya lagi, Abunjani kabarnya memang berjuang di bagian Sumbagsel. Arief menegaskan saat ini masih terus menunggu usulan umtuk diberi gelar pahlawan Nasional asal Jambi.

"Kita masih menunggu kabarnya di Tanjungjabang Barat itu ada Selempang Merah, di Kerinci atau Sungaipenuh kabarnya juga Depati Parbo untuk mengajukan mendapat gelar pahlawan nasional," katanya.

Lebih lanjut, Arief menatakan setelah mendapatkan usulan nama yang akan mendapatkan gelar pahlawan nasional, Pemprov Jambi akan membentuk tim penulis dan terus mencari infomasi informasinya tentang irang yang diusulkan tersebut

Setelah itu Pemprov Jambi akan mengusulkan kepada Kementerian Sosial untuk selanjutnya diusulkan ke Presiden untuk dinilai layak atau tidak layaknya seseorang mendapat gelar pahlawan nasional.

"Kita akan usulkan tahun 2023. Dan sekarang Abunjani sedang berproses," tutupnya. 


Penulis: Tri Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments